• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Media Pop-Up Book dan Metode CTL untuk Meningkatkan Minat Belajar SD Negeri Ngrombo 3

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (2.016Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Handayani, Mentari Deka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SD Negeri Ngrombo 3 merupakan SD di Kecamatan Tangen. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SD masih bersifat kontemporer. Pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Media pembelajaran yang dipakai terbatas dengan yang disediakan sekolah. Kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam pembelajaran membuat siswa memiliki minat belajar yang rendah. Perlunya diadakan tindakan bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tindakan yang diambil oleh peneliti adalah melakukan inovasi terhadap media dan metode pembelajaran yang digunakan. Media pembelajara yang digunakan adalah media Pop-up Book dan metode Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Pop-up Book sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa, (2) mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan minat belajar siswa, (3) mendeskripsikan kendala-kendala dan solusi dalam penerapan media pembelaran Popup Book dan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Jenis penelitian adalah Penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber penelitian adalah guru kelas dan siswa. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif berupa informasi tentang minat belajar IPS siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dapat meningkatkan minat belajar siswa, (2) penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar siswa, (3) solusi dari kendala-kendala yaitu guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book dan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10562
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV