dc.contributor.author | Handayani, Mentari Deka | |
dc.date.accessioned | 2019-01-09T04:09:05Z | |
dc.date.available | 2019-01-09T04:09:05Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Belva, Adiza, dkk. 2015. “Pubundo (Pop-Up Budaya Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kebudayaan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Pelita, Vol X, No. 1, Halaman. 65-68. Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Maesaroh,Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Kependidikan 1 (1): 150-168. Melani, Zahroh. 2009. “Pengaruh Media Internet Sebagai Sumber Pembelajaran PKN terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Surakarta”. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Sari, Ressa Arsita. 2014. “Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang”. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Sholikhah, Aimatus. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Simki- Pedagogia, Vol. 01 No. 08, Hal 1. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-3-6 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10562 | |
dc.description.abstract | SD Negeri Ngrombo 3 merupakan SD di Kecamatan Tangen. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan
di SD masih bersifat kontemporer. Pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Media pembelajaran
yang dipakai terbatas dengan yang disediakan sekolah. Kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam
pembelajaran membuat siswa memiliki minat belajar yang rendah. Perlunya diadakan tindakan bertujuan untuk
meningkatkan minat belajar siswa. Tindakan yang diambil oleh peneliti adalah melakukan inovasi terhadap
media dan metode pembelajaran yang digunakan. Media pembelajara yang digunakan adalah media Pop-up
Book dan metode Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan
penggunaan media pembelajaran Pop-up Book sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa, (2)
mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan
minat belajar siswa, (3) mendeskripsikan kendala-kendala dan solusi dalam penerapan media pembelaran Popup
Book dan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Jenis penelitian adalah Penelitian
kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber penelitian adalah guru kelas dan siswa. Data yang
diperoleh merupakan data kualitatif berupa informasi tentang minat belajar IPS siswa. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang
dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dapat meningkatkan
minat belajar siswa, (2) penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat
meningkatkan minat belajar siswa, (3) solusi dari kendala-kendala yaitu guru lebih kreatif dalam mengelola
pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book dan metode pembelajaran Contextual
Teaching Learning (CTL). | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2018 | id_ID |
dc.subject | Media Pembelajaran Pop-up Book | id_ID |
dc.subject | Metode Pembelajaran Contextual Teaching Learning | id_ID |
dc.title | Penggunaan Media Pop-Up Book dan Metode CTL untuk Meningkatkan Minat Belajar SD Negeri Ngrombo 3 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |