Show simple item record

dc.contributor.authorHandayani, Mentari Deka
dc.date.accessioned2019-01-09T04:09:05Z
dc.date.available2019-01-09T04:09:05Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationBelva, Adiza, dkk. 2015. “Pubundo (Pop-Up Budaya Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kebudayaan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Pelita, Vol X, No. 1, Halaman. 65-68. Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Maesaroh,Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Kependidikan 1 (1): 150-168. Melani, Zahroh. 2009. “Pengaruh Media Internet Sebagai Sumber Pembelajaran PKN terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Surakarta”. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Sari, Ressa Arsita. 2014. “Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang”. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Sholikhah, Aimatus. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Simki- Pedagogia, Vol. 01 No. 08, Hal 1.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10562
dc.description.abstractSD Negeri Ngrombo 3 merupakan SD di Kecamatan Tangen. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SD masih bersifat kontemporer. Pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Media pembelajaran yang dipakai terbatas dengan yang disediakan sekolah. Kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam pembelajaran membuat siswa memiliki minat belajar yang rendah. Perlunya diadakan tindakan bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tindakan yang diambil oleh peneliti adalah melakukan inovasi terhadap media dan metode pembelajaran yang digunakan. Media pembelajara yang digunakan adalah media Pop-up Book dan metode Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Pop-up Book sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa, (2) mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan minat belajar siswa, (3) mendeskripsikan kendala-kendala dan solusi dalam penerapan media pembelaran Popup Book dan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Jenis penelitian adalah Penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sumber penelitian adalah guru kelas dan siswa. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif berupa informasi tentang minat belajar IPS siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran Pop-up Book dapat meningkatkan minat belajar siswa, (2) penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar siswa, (3) solusi dari kendala-kendala yaitu guru lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Pop-up Book dan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectMedia Pembelajaran Pop-up Bookid_ID
dc.subjectMetode Pembelajaran Contextual Teaching Learningid_ID
dc.titlePenggunaan Media Pop-Up Book dan Metode CTL untuk Meningkatkan Minat Belajar SD Negeri Ngrombo 3id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record