Strategi Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Mencegah Radikalisme di Era Globalisasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pendidikan mulikultural pada era
globalisasi guna mencegah radikalisme di sekolah dasar Tumbuh 2 Yogyakarta. Metode penelitian
yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, edukator dan peserta didik
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa obsrervasi,
dokumentasi dan wawancara. Urgensi pendidikan multikultural pada era globalisasi diperlukan
guna mencegah gerakan-gerakan yang mampu merusak integrasi nasional. Kemajemukan
merupakan sunnatullah dan menjadi kekuatan untuk membangun bangsa di tengah pebedaan
SARA (suku, adat, ras, dan agama) yang dimiliki bangsa Indonesia. Guna mencegah gerakan
pemecah belah bangsa seperi radikalisme yang memiliki embrio terorisme perlu penaman
pendidikan karakter sejak dini (sekolah dasar). Strategi Pendidikan multikultural yang dilakukan
meliputi 1) membangun paradigma keberagaman inklusi di lingkungan sekolah dasar, 2) program
intrakulikuler mata pelajaran PPKn berbasis multikultur, dan 3) keteladanan guru.