• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.934Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Wulandari, Nur Asih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Usia sekolah dasar merupakan pembentukan paradigma pendidikan pada tahapan selanjutnya. Pendidikan masa kini yang lebih populer disebut dengan pendidikan abad 21 memiliki penekanan pada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Beberapa pencapaian tersebaut dapat dilakukan dengan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan sisi penguasaan materi dan ketrampilan. Hal itu menuntut guru harus memiliki kemampuan pedagogis yang tinggi untuk mengelola pembelajaran secara aktif dan kreatif. Pengembangan media dalam proses pembelajaran sangatlah diperlukan guna efektifitas pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis merupakan salah satu bentuk pengembangan media, yang digunakan berdasarkan strategi pembelajaran terstruktur, yang mencakup beberapa ketrampilan abad 21. Pengembangan media berbasis visual thinking strategis di sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui kondisi faktual pemanfaatan media pembelajaran, bentuk pengembangan media, kelayakan media, dan pengaruh keefektifan media pembelajaran pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Research Development) karena peneliti berupaya mengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar, efektif untuk dilakukan pada proses pembelajaran baik di kelas rendah ataupun kelas tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketrampilan abad 21 yang meliputi ketrampilan sosial dan berpikir kritis pada peserta didik yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hal tersebut juga menunjukkan efektifitas penggunaan media yang dilakukan dengan tahapan pembelajaran berbasis visual thinking strategis yang ditunjukkan dengan pencapaian tujuan pembelajaran di kelas. Jadi pada hakekatnya pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar baik untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan abad 21.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10566
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV