Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Nur Asih
dc.date.accessioned2019-01-09T06:48:08Z
dc.date.available2019-01-09T06:48:08Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationDaryanto,;Karim,Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media. Chaeruman, Uwes A. (2018). Pembelajaran Abad 21. Diaskes dari http;//flickr.com. Siegel, H. (1980). Critical Thinking as an Educational Ideal. Educational Forum 45, 1, 7- 23 Sezer, Renan. 2008. Integration of critical thinking skills into elementary school teacher education courses in mathematic.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10566
dc.description.abstractPeserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Usia sekolah dasar merupakan pembentukan paradigma pendidikan pada tahapan selanjutnya. Pendidikan masa kini yang lebih populer disebut dengan pendidikan abad 21 memiliki penekanan pada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Beberapa pencapaian tersebaut dapat dilakukan dengan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan sisi penguasaan materi dan ketrampilan. Hal itu menuntut guru harus memiliki kemampuan pedagogis yang tinggi untuk mengelola pembelajaran secara aktif dan kreatif. Pengembangan media dalam proses pembelajaran sangatlah diperlukan guna efektifitas pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis merupakan salah satu bentuk pengembangan media, yang digunakan berdasarkan strategi pembelajaran terstruktur, yang mencakup beberapa ketrampilan abad 21. Pengembangan media berbasis visual thinking strategis di sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui kondisi faktual pemanfaatan media pembelajaran, bentuk pengembangan media, kelayakan media, dan pengaruh keefektifan media pembelajaran pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Research Development) karena peneliti berupaya mengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar, efektif untuk dilakukan pada proses pembelajaran baik di kelas rendah ataupun kelas tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketrampilan abad 21 yang meliputi ketrampilan sosial dan berpikir kritis pada peserta didik yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hal tersebut juga menunjukkan efektifitas penggunaan media yang dilakukan dengan tahapan pembelajaran berbasis visual thinking strategis yang ditunjukkan dengan pencapaian tujuan pembelajaran di kelas. Jadi pada hakekatnya pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar baik untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan abad 21.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectpengembangan mediaid_ID
dc.subjectvisual thinking strategisid_ID
dc.subjectsekolah dasarid_ID
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis pada Peserta Didik di Sekolah Dasarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record