AIK dari Ciri Khas ke Asas Pendidikan Muhammadiyah: Proposal untuk Merumuskan Sistem Pendidikan Muhammadiyah
dc.contributor.author | Bahtiar, Asep Purnama | |
dc.date.accessioned | 2019-01-23T05:07:10Z | |
dc.date.available | 2019-01-23T05:07:10Z | |
dc.date.issued | 2018-12 | |
dc.identifier.citation | Ali, A. Mukti Ali, 1991, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung: Mizan Arifin, MT, 1990, Muhammadiyah Potret yang Berubah, diterbitkan ulang oleh Suara Muhammadiyah, Yogyakarta, 2016. Bahtiar, Asep Purnamar, 2004, Membaca Ulang Dinamika Muhammadiyah: Wacana di Seputar Pergerakan, Kepemimpinan, dan Perkaderan, Yogyakarta: LPPI UMY. Dewantara, Ki Hajar Dewantara, 2004, Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Hallinan, Maureen T. (Editor), 2000, Handbook of The Sociology of Education, Notre Dame: Springer. Hasyim, Umar, 1990, Muhammadiyah Jalan Lurus dalam Tajdid, Dakwah, Kaderisasi, dan Pendidikan, Surabaya: PT Bina Ilmu. Nurhadiantomo, Harsono, dan M. Thoyibi (Peny.), 1989, Muhammadiyah di Penghujung Abad 20, Surakarta: Muhammadiyah University Press. Rais, Amien, dkk. (Editor), 1985, Pendidikan Muhammadiyah dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: PLP2M. Tilaar, H.A.R., 2002, Perubahan Sosial dan Pendidikan, Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia, Jakarta: Grasindo. Tim Pembina Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Malang, 1990, Muhammadiyah, Sejarah Pemikiran dan Amal Usaha, Yogyakarta: Tiara Wacana dan UMM Press. PP Muhammadiyah, Berita Resmi Muhammadiyah No. 01 Tahun 2005. --------, Berita Resmi Muhammadiyah No. 06 Tahun 2009. --------, Berita Resmi Muhammadiyah No. 01 Tahun 2010. --------, Berita Resmi Muhammadiyah No. 04 Tahun 2012. --------, Berita Resmi Muhammadiyah No. 01 Tahun 2015. http://www.muhammadiyah.or.id | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-188-1 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10585 | |
dc.description.abstract | Bagi Muhammadiyah kemendesakan dan kepentingan memiliki sistem pendidikan adalah juga untuk memperkuat status AIK (Al- Islam dan Kemuhammadiyahan) di PTMA. Sudah jadi rahasia umum kalau AIK itu sebagai komplemen. Konsekuensinya AIK menjadi mata kuliah subordinat dari kurikulum di PTMA. Karena sebagai suplemen kerapkali AIK ini dianggap formalitas belaka atau proforma. Pasca satu abad pendidikan Muhammadiyah AIK sudah tidak lagi cukup hanya sebagai “ciri khas” tanpa penjelasan status yang memadai. Dari status “ciri khas” AIK harus menjadi asas dan jiwa pendidikan Muhammadiyah. Dalam konteks inilah pentingnya rumusan Sistem Pendidikan Muhammadiyah (Sispenmuh) yang menempatkan AIK sebagai jiwa atau ruh pendidikan Muhammadiyah. Meskipun dari segi istilah AIK itu sendiri masih mengesankan dikotomi antara al-Islam (sebagai agama Islam dan/atau pendidikan Islam) dengan Kemuhammadiyahan (hal-ihwal yang berkaitan dengan Persyarikatan Muahammadiyah). Dalam konteks ini formulasi iman dan kemajuan menjadi prinsip dasar filsafat pendidikan Muhammadiyah dan landasan penyusunan kurikulum pendidikan Muhammadiyah untuk menghilangkan dikotomi sebagai salah satu problematika yang mendasar. Selama ini kesan dikotomi tersebut masih kentara, misalnya dengan pemilahan ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu agama atau dengan penempatan AIK sebagai mata kuliah semata yang disebut “ciri khas” itu. Bahkan dalam nomenklatur AIK itu sendiri terkandung dikotomi antara al-Islam di satu sisi dan Kemuhammadiyahan di sisi lain. Desain Sispenmuh ini merefleksikan latar historis didirikannya lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah; visi dan ide pembaruan yang dipancangkan KH. Ahmad Dahlan; dinamika perguruan Muhammadiyah dan konteks sekarang yang melingkupinya; serta orientasi ke depan di tengah perubahan dunia yang tidak mudah untuk diperkirakan. Di sisi lain, Sispenmuh juga bisa memberikan gambaran dan arah berupa basis nilai dan idealisme pembaruan ke arah kemampuan untuk mendesain pendidikan yang sistemik dan paradigmatik guna pemekaran seluruh potensi warga didik dan pencapaian kemajuan dari zaman ke zaman untuk kebajikan publik sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan | id_ID |
dc.subject | Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) | id_ID |
dc.subject | Sispenmuh | id_ID |
dc.subject | Kurikulum | id_ID |
dc.title | AIK dari Ciri Khas ke Asas Pendidikan Muhammadiyah: Proposal untuk Merumuskan Sistem Pendidikan Muhammadiyah | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 2018
Al Islam dan Kemuhammadiyahan Multiperspektif