Minimalisasi Waktu Tunggu Antrean dengan Pendekatan Simulasi Diskrit (Studi Kasus pada Area Parkiran FTI UII)
Abstract
Antrean terjadi apabila waktu pelayanan lebih lama dari waktu antar kedatangan. Penelitian
dilakukan pada area parkir Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Penelitian
dilakukan dengan pengambilan data pada hari dan waktu sibuk pukul 06.30-07.30 WIB yang
merupakan jam puncak kedatangan mahasiswa dan pukul 16.30- 17.30 WIB yang merupakan
jam puncak kepulangan mahasiswa. Antrean yang terjadi pada area parkir FTI UII disebabkan
lamanya waktu pelayanan hingga menyebabkan waktu tunggu yang tinggi. Dalam upaya
membenahi sistem pelayanan agar dapat meminimalisasi waktu tunggu dan mengurangi
panjangnya antrean pada area parkir FTI UII, maka dilakukan simulasi dengan menggunakan
software Flexsim 6.0. Rata-rata waktu tunggu di area parkir sebesar 83,286 detik. Hasil
penelitian diperoleh dengan melakukan eksperimen pertama yaitu mengubah sistem pintu masuk
dan keluar hanyak untuk pagi dan sore hari dapat mengurangi rata-rata waktu tunggu menjadi
sebesar 5,116 detik. Sedangkan pada eksperimen kedua dengan menerapkan teknologi RFID
pada pintu masuk dan keluar area parkir dapat mengurangi rata-rata waktu tunggu menjadi
sebesar 7,461 detik.