Show simple item record

dc.contributor.authorRizqi, Zakka Ugih
dc.contributor.authorKhairunisa, Adinda
dc.date.accessioned2019-04-23T03:29:35Z
dc.date.available2019-04-23T03:29:35Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationDimyati, dan Mulyono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta. Febriastuti, S., 2018, Kartu RFID Dinilai Mampu Pangkas 60 Persen Waktu Pelayanan Parkir di Monas, http://jakarta.tribunnews.com/2018/10/23/kartu-rfid-dinilai-mampu-pangkas-60- persen-waktu-pelayanan-parkir-di-monas, diakses tgl 12 Januari 2019 Heizer, J., dan Render, B., 2006, Manajemen Operasi Edisi 7, Salemba Empat, Jakarta. Kakiay, Thomas J., 2003, Pengantar Sistem Simulasi, ANDI, Yogyakarta. Karnon, J., 2012, Modeling using Discrete Event Simulation, A Report of the ISPOR-SMDM, Value In Health. Lachman, L., dan Lieberman, J.H.A., 1994, Teori dan Praktek Farmasi Industri, Ed. 2, UI Press, Jakarta. Landt, J., 2005, “The History of RFID”, IEEE Potensials, Vol. 24, No. 4, hh. 8-11. Maryono, 2005, “Dasar-dasar Radio Frequency Identification (RFID) Yang Berpengaruh Di Perpustakaan”, Media Informasi, Vol. 14, No. 20. Nawawi, S.N.S., 2015, Studi Optimalisasi Perparkiran di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Lampung, Bandar Lampung. Petruzella, F.D., 2001, Elektronika Industri Edisi II, Terjamahan dari Industrial Electronics oleh Sumanto, Drs. M.A., ANDI Yogyakarta, Yogyakarta. Siagian, P., 1987, Penelitian Operasional: Teori dan Praktek, Universitas Indonesia Press, Jakarta. Want, R., 2004, “Enabling Ubiquitous Sensing With RFID”, Computer, Vol. 37, No. 4, hh. 84-86. Wignjosoebroto, S., 1995, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Guna Widya, Surabaya.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10675
dc.description.abstractAntrean terjadi apabila waktu pelayanan lebih lama dari waktu antar kedatangan. Penelitian dilakukan pada area parkir Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Penelitian dilakukan dengan pengambilan data pada hari dan waktu sibuk pukul 06.30-07.30 WIB yang merupakan jam puncak kedatangan mahasiswa dan pukul 16.30- 17.30 WIB yang merupakan jam puncak kepulangan mahasiswa. Antrean yang terjadi pada area parkir FTI UII disebabkan lamanya waktu pelayanan hingga menyebabkan waktu tunggu yang tinggi. Dalam upaya membenahi sistem pelayanan agar dapat meminimalisasi waktu tunggu dan mengurangi panjangnya antrean pada area parkir FTI UII, maka dilakukan simulasi dengan menggunakan software Flexsim 6.0. Rata-rata waktu tunggu di area parkir sebesar 83,286 detik. Hasil penelitian diperoleh dengan melakukan eksperimen pertama yaitu mengubah sistem pintu masuk dan keluar hanyak untuk pagi dan sore hari dapat mengurangi rata-rata waktu tunggu menjadi sebesar 5,116 detik. Sedangkan pada eksperimen kedua dengan menerapkan teknologi RFID pada pintu masuk dan keluar area parkir dapat mengurangi rata-rata waktu tunggu menjadi sebesar 7,461 detik.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019id_ID
dc.subjectAntreanid_ID
dc.subjectParkirid_ID
dc.subjectSimulasiid_ID
dc.subjectWaktu Tungguid_ID
dc.titleMinimalisasi Waktu Tunggu Antrean dengan Pendekatan Simulasi Diskrit (Studi Kasus pada Area Parkiran FTI UII)id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record