Integrasi Model Kano dan Uji Usabilitas sebagai Pengembangan Desain Produk Gantungan Pakaian
View/ Open
Date
2019-03Author
Muqaffi, Mufti Sayid
Nurhusna, Ghina Allam
Metadata
Show full item recordAbstract
Pasar industri kreatif tengah dikenal sebagai sektor industri yang berkontribusi terhadap
pertumbuhan perekonomian nasional. Hasil survey khusus ekonomi kreatif mampu memberikan
kontribusi sebesar 7,38% terhadap total perekonomian nasional. Adanya pertumbuhan tersebut
tak lepas dari peran berbagai pelaku usaha yang memiliki rencana pengembangan kapasitas,
salah satunya dalam bentuk inovasi produk yang memiliki persentase sebesar 80,63%.
Pengembangan desain produk gantungan pakaian yang dilakukan dalam penelitian ini
mengintegrasikan metode desain produk Model Kano dengan uji usabilitas produk meggunakan
Kuesioner USE. Data didapatkan dari hasil kuesioner dan ekspert. Data tersebut diolah dengan
menggunakan Model Kano mulai dari scoring sampai desain yang dipilih. Hasil pemetaan Kano
menunjukkan hasil performance quality dimana terdapat 4 atribut yang termasuk kedalam
kuadran One dimensional yaitu harga gantungan pakaian murah, kapasitas besar, mudah
digunakan, desain unik, dan gantungan pakaian ringan 1 atribut termasuk kedalam kuadran
must be yaitu all size atau dapat digunakan untuk semua ukuran dan 4 atribut yang masuk
kedalam kuadran indifferent yaitu kemasan yang berbahan kuat, warna menarik, dan anti karat.
Urutan atribut yang memiliki nilai tertinggi adalah Ease of Learning atau kemudahan pengguna
dalam memahami dan mempelajari fitur atau spesifikasi produk (5,80), Ease of Use atau
kemudahan dalam memahami penggunaan produk oleh pengguna (5,53), Usefulness atau
kegunaan produk (5,23), dan Satisfaction yang berarti kepuasan pengguna ketika menggunakan
produk (5,20). Degan hasil desain tersebut didapatkan gantungan pakaian yang sesuai dengan
keinginan konsumen.