• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Integrasi Model Kano dan Uji Usabilitas sebagai Pengembangan Desain Produk Gantungan Pakaian

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (738.6Kb)
    Date
    2019-03
    Author
    Muqaffi, Mufti Sayid
    Nurhusna, Ghina Allam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pasar industri kreatif tengah dikenal sebagai sektor industri yang berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional. Hasil survey khusus ekonomi kreatif mampu memberikan kontribusi sebesar 7,38% terhadap total perekonomian nasional. Adanya pertumbuhan tersebut tak lepas dari peran berbagai pelaku usaha yang memiliki rencana pengembangan kapasitas, salah satunya dalam bentuk inovasi produk yang memiliki persentase sebesar 80,63%. Pengembangan desain produk gantungan pakaian yang dilakukan dalam penelitian ini mengintegrasikan metode desain produk Model Kano dengan uji usabilitas produk meggunakan Kuesioner USE. Data didapatkan dari hasil kuesioner dan ekspert. Data tersebut diolah dengan menggunakan Model Kano mulai dari scoring sampai desain yang dipilih. Hasil pemetaan Kano menunjukkan hasil performance quality dimana terdapat 4 atribut yang termasuk kedalam kuadran One dimensional yaitu harga gantungan pakaian murah, kapasitas besar, mudah digunakan, desain unik, dan gantungan pakaian ringan 1 atribut termasuk kedalam kuadran must be yaitu all size atau dapat digunakan untuk semua ukuran dan 4 atribut yang masuk kedalam kuadran indifferent yaitu kemasan yang berbahan kuat, warna menarik, dan anti karat. Urutan atribut yang memiliki nilai tertinggi adalah Ease of Learning atau kemudahan pengguna dalam memahami dan mempelajari fitur atau spesifikasi produk (5,80), Ease of Use atau kemudahan dalam memahami penggunaan produk oleh pengguna (5,53), Usefulness atau kegunaan produk (5,23), dan Satisfaction yang berarti kepuasan pengguna ketika menggunakan produk (5,20). Degan hasil desain tersebut didapatkan gantungan pakaian yang sesuai dengan keinginan konsumen.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10695
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV