Show simple item record

dc.contributor.authorMuqaffi, Mufti Sayid
dc.contributor.authorNurhusna, Ghina Allam
dc.date.accessioned2019-04-27T01:42:31Z
dc.date.available2019-04-27T01:42:31Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationAelani, K., & Falahah., 2012, Pengukuran Usability System Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STMIK "AMIKBANDUNG". Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2012, 1-6. Badan Ekonomi Kreatif., 2016, Survey Khusus Ekonomi Kreatif (SKEK) 2016, Jakarta: Direktorat Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Badan Pusat Statistik, 2017, Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia, Jakarta: BPSIndonesia. Hom, J., 1998, Usability Methods, Retrieved from The Usability Methods Toolbox: usability.jameshom.com Kementerian Perindustrian Republik Indonesia., 2014, September 15, Menperin Airlangga Tantang Industri Furnitur Kembangkan Usaha di Luar Jawa. Retrieved from Siaran Pers Kementerian Perindustrian Republik Indonesia: http://www.kemenperin.go.id. Krisnamurthi, B. 2002, Membangun Koperasi Berbasis Anggota dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Rakyat, Jurnal Ekonomi Rakyat. Liao, Y., Yang, C., & Li, W., 2015, Extension Innovation Design of Product Family Based on Kano Requirement Model, Procedia Computer Science, 268-277. Lund, A. M., 2001, Measuring Usability with the USE Questionnaire, STC Usability SIG Newsletter, 8:2. Purba, H., 2009, Inovasi Nilai Pelanggan dalam perencanaan & Pengembangan Produk Aplikasi Samudra Biru dalam Meraih Keunggulan, Yogyakarta: Graha Ilmu. Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D., 2001, Perancangan dan Pengembangan Produk, Jakarta: Salemba Teknika.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10695
dc.description.abstractPasar industri kreatif tengah dikenal sebagai sektor industri yang berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional. Hasil survey khusus ekonomi kreatif mampu memberikan kontribusi sebesar 7,38% terhadap total perekonomian nasional. Adanya pertumbuhan tersebut tak lepas dari peran berbagai pelaku usaha yang memiliki rencana pengembangan kapasitas, salah satunya dalam bentuk inovasi produk yang memiliki persentase sebesar 80,63%. Pengembangan desain produk gantungan pakaian yang dilakukan dalam penelitian ini mengintegrasikan metode desain produk Model Kano dengan uji usabilitas produk meggunakan Kuesioner USE. Data didapatkan dari hasil kuesioner dan ekspert. Data tersebut diolah dengan menggunakan Model Kano mulai dari scoring sampai desain yang dipilih. Hasil pemetaan Kano menunjukkan hasil performance quality dimana terdapat 4 atribut yang termasuk kedalam kuadran One dimensional yaitu harga gantungan pakaian murah, kapasitas besar, mudah digunakan, desain unik, dan gantungan pakaian ringan 1 atribut termasuk kedalam kuadran must be yaitu all size atau dapat digunakan untuk semua ukuran dan 4 atribut yang masuk kedalam kuadran indifferent yaitu kemasan yang berbahan kuat, warna menarik, dan anti karat. Urutan atribut yang memiliki nilai tertinggi adalah Ease of Learning atau kemudahan pengguna dalam memahami dan mempelajari fitur atau spesifikasi produk (5,80), Ease of Use atau kemudahan dalam memahami penggunaan produk oleh pengguna (5,53), Usefulness atau kegunaan produk (5,23), dan Satisfaction yang berarti kepuasan pengguna ketika menggunakan produk (5,20). Degan hasil desain tersebut didapatkan gantungan pakaian yang sesuai dengan keinginan konsumen.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019id_ID
dc.subjectdesain produkid_ID
dc.subjectkuesioner USEid_ID
dc.subjectmodel Kanoid_ID
dc.titleIntegrasi Model Kano dan Uji Usabilitas sebagai Pengembangan Desain Produk Gantungan Pakaianid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record