Analisis Kualitas Produk Roti Manis dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) pada CV. Jaya Bakery, Lampung
View/ Open
Date
2019-03Author
Wibowo, Heri
Wardana, Marcelly Widya
Willianti, Windy
Metadata
Show full item recordAbstract
CV. Jaya Bakery merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang kue dan roti di Kota
Bandar Lampung. Adanya industri besar dengan jenis produk yang sama membuat persaingan
dalam pasar roti semakin ketat. Oleh karena itu, Jaya Bakery perlu melakukan peningkatan
kualitas sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui atribut apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan terhadap roti
Jaya Bakery, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk tersebut. Penelitian ini
menggunakan Analisis SWOT untuk mengetahui posisi perusahaan Jaya Bakery berdasarkan
matriks posisi terhadap pesaing dan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) yang
bertujuan untuk meningkatkan kualitas suatu produk berdasarkan apa yang diinginkan dan
dibutuhkan pelanggan. QFD yang digunakan hanya sampai fase pertama (perencanaan produk)
yang disajikan berupa matriks House of Quality (HOQ). Hasil dari penelitian ini menggunakan
Analisis SWOT, didapat Matriks posisi kuadran yang berada diantara kekuatan dan peluang,
artinya Strategi Agresif. Pada matriks House of Quality menghasilkan persyaratan konsumen
yang harus diprioritaskan adalah: rasanya enak, terdapat nomor izin PIRT/BPOM, porsi roti
mengenyangkan, tekstur roti lembut dan desain kemasan menarik.