Penentuan Strategi Pengembangan Bisnis menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas
View/ Open
Date
2019-03Author
Rizqi, Zakka Ugih
Purba, Reno Dias Anggara
Nugroho, Rino Rahmawanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Semakin tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia menuntut setiap perusahaan untuk
selalu berkembang. UD Jati Surya merupakan UKM produsen furnitur di Yogyakarta yang ingin
mengembangkan bisnisnya. Ditambah semakin banyaknya kompetitor dibidang yang sama
sehingga menuntut perusahaan untuk mempertahankan keberadaannya bahkan meningkatkan
perkembangan dari bisnisnya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menentukan
strategi-strategi bisnis yang tepat dengan melihat sisi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan
ancaman yang dimiliki oleh UD Jati Surya. Strategi-strategi yang didapat kemudian dilakukan
pembobotan menggunakan Analytical Hirarchy Process (AHP) guna mendapatkan strategi
mana yang paling tinggi prioritasnya berdasarkan pandangan expert. Kemudian akan
digambarkan model bisnisnya dengan metode Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian
menunjukkan didapat 5 strategi berdasarkan analisis SWOT. Kemudian dilakukan pembobotan
didapat strategi yang memiliki prioritas tertinggi adalah meningkatkan produksi yang selalu
sesuai dengan pesanan pada momen (musim) pembelian masyarakat dan memanfaatkan tenaga
kerja yang tersedia. Kemudian memvisualisasikan bisnis UD Jati Surya berdasarkan sembilan
elemen yang ada, yaitu Customer Relationships, Key Partners, Value Propositions, Customer
Segments, Channel, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities dan Cost Structure.