dc.identifier.citation | Departemen Perindustrian Republik Indonesia, 2008, The Report of Industry Sector Development. Kotler, P., 1997, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Prenhallindo, Jakarta. Herjanto, E., 2009, Sains Manajemen: Analisis Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan, Grasindo, Jakarta. Rangkuti, F., 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta. Saaty, T. L., 2008, “Decision Making with the Analytic Hierarchy Process”, Int. J. Services Sciences, hh. 83-98. Suharti, 2015, “Penerapan Business Model Canvas Pada Perumahan Galaxy Regency Malang PT. Sarana Hijrah Kamulyan”, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Supranto, J., 1997, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Analisis SWOT, Rineka Cipta, Jakarta. | id_ID |
dc.description.abstract | Semakin tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia menuntut setiap perusahaan untuk
selalu berkembang. UD Jati Surya merupakan UKM produsen furnitur di Yogyakarta yang ingin
mengembangkan bisnisnya. Ditambah semakin banyaknya kompetitor dibidang yang sama
sehingga menuntut perusahaan untuk mempertahankan keberadaannya bahkan meningkatkan
perkembangan dari bisnisnya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menentukan
strategi-strategi bisnis yang tepat dengan melihat sisi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan
ancaman yang dimiliki oleh UD Jati Surya. Strategi-strategi yang didapat kemudian dilakukan
pembobotan menggunakan Analytical Hirarchy Process (AHP) guna mendapatkan strategi
mana yang paling tinggi prioritasnya berdasarkan pandangan expert. Kemudian akan
digambarkan model bisnisnya dengan metode Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian
menunjukkan didapat 5 strategi berdasarkan analisis SWOT. Kemudian dilakukan pembobotan
didapat strategi yang memiliki prioritas tertinggi adalah meningkatkan produksi yang selalu
sesuai dengan pesanan pada momen (musim) pembelian masyarakat dan memanfaatkan tenaga
kerja yang tersedia. Kemudian memvisualisasikan bisnis UD Jati Surya berdasarkan sembilan
elemen yang ada, yaitu Customer Relationships, Key Partners, Value Propositions, Customer
Segments, Channel, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities dan Cost Structure. | id_ID |