Show simple item record

dc.contributor.authorRizqi, Zakka Ugih
dc.contributor.authorPurba, Reno Dias Anggara
dc.contributor.authorNugroho, Rino Rahmawanto
dc.date.accessioned2019-04-27T06:58:36Z
dc.date.available2019-04-27T06:58:36Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationDepartemen Perindustrian Republik Indonesia, 2008, The Report of Industry Sector Development. Kotler, P., 1997, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Prenhallindo, Jakarta. Herjanto, E., 2009, Sains Manajemen: Analisis Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan, Grasindo, Jakarta. Rangkuti, F., 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia, Jakarta. Saaty, T. L., 2008, “Decision Making with the Analytic Hierarchy Process”, Int. J. Services Sciences, hh. 83-98. Suharti, 2015, “Penerapan Business Model Canvas Pada Perumahan Galaxy Regency Malang PT. Sarana Hijrah Kamulyan”, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Supranto, J., 1997, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Analisis SWOT, Rineka Cipta, Jakarta.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10718
dc.description.abstractSemakin tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia menuntut setiap perusahaan untuk selalu berkembang. UD Jati Surya merupakan UKM produsen furnitur di Yogyakarta yang ingin mengembangkan bisnisnya. Ditambah semakin banyaknya kompetitor dibidang yang sama sehingga menuntut perusahaan untuk mempertahankan keberadaannya bahkan meningkatkan perkembangan dari bisnisnya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menentukan strategi-strategi bisnis yang tepat dengan melihat sisi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang dimiliki oleh UD Jati Surya. Strategi-strategi yang didapat kemudian dilakukan pembobotan menggunakan Analytical Hirarchy Process (AHP) guna mendapatkan strategi mana yang paling tinggi prioritasnya berdasarkan pandangan expert. Kemudian akan digambarkan model bisnisnya dengan metode Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan didapat 5 strategi berdasarkan analisis SWOT. Kemudian dilakukan pembobotan didapat strategi yang memiliki prioritas tertinggi adalah meningkatkan produksi yang selalu sesuai dengan pesanan pada momen (musim) pembelian masyarakat dan memanfaatkan tenaga kerja yang tersedia. Kemudian memvisualisasikan bisnis UD Jati Surya berdasarkan sembilan elemen yang ada, yaitu Customer Relationships, Key Partners, Value Propositions, Customer Segments, Channel, Revenue Stream, Key Resource, Key Activities dan Cost Structure.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019id_ID
dc.subjectAHPid_ID
dc.subjectAnalisis SWOTid_ID
dc.subjectBMCid_ID
dc.titlePenentuan Strategi Pengembangan Bisnis menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvasid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record