Penilaian Kepuasan Konsumen terhadap Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan Menggunakan Model Student Satisfaction Inventory
View/ Open
Date
2019-03Author
Handayani, Naniek Utami
Wibowo, Mochamad Agung
Sari, Diana Puspita
Sekarini, Dinda Ayu
Aulia, Yussy
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu ukuran kinerja perguruan tinggi ditentukan oleh mutu layanan yang diberikan. Untuk
itu, pimpinan, dosen, dan karyawan harus memperhatikan kepuasan stakeholders khususnya
mahasiswa.. Kepuasan mahasiswa diharapkan dapat menjadi bagian dalam pengambilan
keputusan manajemen. Program Studi Kesehatan Masyarakat secara periodik melakukan survei
kepuasan konsumen guna meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur
kepuasan konsumen dengan berdasarkan kriteria kurikulum program studi, proses
pembelajaran, sumber daya manusia (dosen, pegawai, teknisi), mahasiswa, sarana dan
prasarana, suasana akademik, penelitian serta publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan
lain-lain. Oleh karena, itu model yang digunakan dalam penelitian ini adalah student
satisfaction inventory. Penelitian ini menggunakan metode importance satisfaction matrix untuk
memetakan hasil kepuasan konsumen. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Prodi
Kesehatan Masyarakat yang telah berkuliah minimal satu semester. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dimensi Registration Effectiveness memiliki nilai gap skor terbesar dan
berada dalam kuadran I sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan.