dc.identifier.citation | Cerritos College. (2007). Final Report Spring 2007 Noel Levitz Student Satisfaction Inventory (SSI) and Institutional Priorities Survey (IPS). Noel Levitz Survey Result. Elliot, K. M. and Healy. M. A. (2001). Key Factors Influencing Student Satisfaction Related to Recruitment and Retention. Journal of Marketing for Higher Education. 10(4): 1-11. Fanani, Zainal, Santoso, Haryo dan Lusiana, Ina. 2007. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Service Quality di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Menggunakan Metode Student Satisfaction Inventory. Jurnal Teknik. 28(2). Istiqomah dan Arigiyati, T.A. (2016). Pengukuran Kualitas Layanan Pendidikan Dengan Metode Student Satisfaction Inventory di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Sosiohumaniora. 2(1). Khodayari, F. dan Khodayari, B. (2011). Service Quality in Higher Education. Case study: Measuring Service Quality of Islamic Azad University Firoozkooh Branch. Interdisciplinary Journal of Research in Business 1(9): 38-46. Levitz, N.R. (2017). Student Satisfaction Inventory 2017 Survey Report. University of South Dakota Office of Institutional Research, Planning & Assessment. Martilla, J.A. and James, J.C. (1977) Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41, 77-79. Nugraha, dan Reni (2012) Analisis Pengukuran Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Akademik Perguruan Tinggi Melalui Aplikasi Model Student Satisfaction Inventory (SSI) (Studi Kasus di Universitas Islam Bandung), Karya Ilmiah. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional SnaPP 2012 di LPPM Universitas Islam Bandung. Parasuraman, A., V.A. Zeithaml and L.L Berry (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research, Journal of Marketing, Vol 49, Fall, pp. 41-50. Suroto, Nindian, A., dan Purba, H. 2017. Student’s Satisfaction on Academic Services In Higher Education Using Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing for Higher Education. 8(1). | id_ID |
dc.description.abstract | Salah satu ukuran kinerja perguruan tinggi ditentukan oleh mutu layanan yang diberikan. Untuk
itu, pimpinan, dosen, dan karyawan harus memperhatikan kepuasan stakeholders khususnya
mahasiswa.. Kepuasan mahasiswa diharapkan dapat menjadi bagian dalam pengambilan
keputusan manajemen. Program Studi Kesehatan Masyarakat secara periodik melakukan survei
kepuasan konsumen guna meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur
kepuasan konsumen dengan berdasarkan kriteria kurikulum program studi, proses
pembelajaran, sumber daya manusia (dosen, pegawai, teknisi), mahasiswa, sarana dan
prasarana, suasana akademik, penelitian serta publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan
lain-lain. Oleh karena, itu model yang digunakan dalam penelitian ini adalah student
satisfaction inventory. Penelitian ini menggunakan metode importance satisfaction matrix untuk
memetakan hasil kepuasan konsumen. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Prodi
Kesehatan Masyarakat yang telah berkuliah minimal satu semester. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dimensi Registration Effectiveness memiliki nilai gap skor terbesar dan
berada dalam kuadran I sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan. | id_ID |