Evaluasi Kualitas Layanan Bioskop X dan Y dengan Competitive Zone of Tolerance based Importance-Performance Analysis (CZIPA)
View/ Open
Date
2019-03Author
Mahachandra, Manik
Prastawa, Heru
Barus, Monalisa Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan pesat industri film di Indonesia menyebabkan kemunculan beberapa usaha
bioskop. Bioskop X, sebagai salah satu bioskop yang baru muncul di industri film, memiliki
pesaing Bioskop Y yang telah menguasai pangsa pasar industri film Indonesia lebih dahulu.
Agar kedua perusahaan tersebut dapat mengetahui kedudukan bersaingnya, maka dalam
penelitian ini dilakukan benchmark dengan metode Competitive Zone of Tolerance based
Importance-Performance Analysis (CZIPA). Dimensi yang terlibat yaitu tangible,
responsiveness, empathy, assurance, reliability, availability, price dan promosi. CZIPA
digunakan untuk mengetahui indikator kualitas layanan unggulan yang dimiliki oleh masingmasing
bioskop, serta menyusun prioritas layanan yang perlu ditingkatkan. Data primer
dikumpukan melalui kuisioner online terhadap 121 responden. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa masalah utama yang dihadapi bioskop X adalah promosi yang tidak menjangkau semua
media dan tidak tersedianya aplikasi pembelian tiket secara online. Pada bioskop Y, masalah
utamanya adalah promosi yang diberikan tidak dapat mempertahankan jumlah pengunjung.
Beberapa saran perbaikan strategis kemudian disusun berdasarkan temuan tersebut.