Identifikasi Atribut Kepuasan Pelanggan dengan Model Kano
Abstract
Pelayanan yang baik kepada konsumen merupakan salah faktor terpenting didalam
keberhasilan suatu usaha. Untuk dapat bersaing dan bertahan dalam persaingan maka penyedia
jasa layanan perlu melakukan perbaikan layanan secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan
untuk menentukan variabel atau atribut layanan apa saja yang harus diperhatikan oleh penyedia
jasa layanan untuk meningkatkan kualitas layanan. Atribut layanan dalam peneitian ini
menggunakan lima dimensi kualitas layanan dari Parasuraman, Zeithaml dan Berry. Model
kano dalam penelitian digunakan untuk menentukan atribut yang harus di prioritaskan untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan. Dari hasil identifikasi atribut pelayanan berdasarkan model
kano diperoleh 8 atribut dari kategori one dimensional dan 2 atribut yang termasuk kedalam
kategori attractive. Atribut layanan dalam kedua kategori tersebut harus diprioritas untuk
diperbaiki untuk meningkatkan kualitas layanan.