dc.contributor.author | Rohmah, Wafrotur | |
dc.contributor.author | Meilani, Nur Chandra | |
dc.contributor.author | Widayanti, Astri | |
dc.date.accessioned | 2019-05-28T05:42:58Z | |
dc.date.available | 2019-05-28T05:42:58Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Kurniawan, Agung. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Praktek Pemesinan di SMK Pancasila 1 Wonogiri. Di akses dari 1 pada tanggal 4 Maret 2019 Pukul 14:12 WIB. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 Tahun 2008 tentang ujian nasional dan keputusan BSNP. Sugiyono . (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Develompent/ R&D). Bandung: Alfabeta. Sukardi, Thomas. (2016). Model Pembelajaran Produktif Teknik Pemesinan. Di akses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/prof-dr-thomas-sukardi-mpd/pembelajaranproduktif. pdf pada tanggal 4 Maret 2019 Pukul 19:55 WIB. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. (2003). Yogyakarta: Media Wacana Press. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2503-4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10749 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis praktik keahlian di
SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo; 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK
Muhammadiyah 1 Sukoharjo; 3) evaluasi pembelajaran berbasis praktik keahlian di SMK Muhammadiyah 1
Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru praktik SMK
Muhammadiyah 1 Sukohajo jurusan teknik pemesinan dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Data
penelitian ini berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan data dengan melakukan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis data flow model meliputi
pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1)
mengetahui pengelolaan pembelajaran berbasis praktik kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1
Sukoharjo melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) mengetahui faktor pendukung yang mampu
mendorong pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1
Sukoharjo, serta faktor penghambat yang mampu diselesaikan dalam memperbaiki pelaksanaan kegiatan
pembelajaran berbasis praktik kompetensi keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2019 | id_ID |
dc.title | Pembelajaran Berbasis Praktik Kompetensi Keahlian di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |