• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Sejarah Lokal dalam Membangun Karakter Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.959Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    Kamang, Heribertus
    Musadad, Akhmad Arif
    Sutiyah, S.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran IPS-Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang mengembangkan dan membentuk karakter peserta didik membutuhkan trobosan pendekatan yang dapat meransang minat belajar peserta didik dalam belajar sejarah di sekolah. Pendidikan bukan hanya sebuah proses alih budaya atau alih ilmu pengetahuan (transfer of knowledge),melainkan pendidikan juga berfungsi sebagai proses alih nilai (transfer of value). Artinya bahwa Pendidikan, di samping merupakan proses pertalian dan transmisi pengetahuan, juga berkenaan dengan proses perkembangan dan pembentukan kepribadian atau karakter siswa dengan nilai-nilai yang ada disekitar. Oleh karena itu pendidik harus lebih kreatif dalam usaha mendekatkan peserta didik dengan pristiwa-pristiwa sejarah di sekitar untuk membuat peserta didik sedekat mungkin dengan masyarakat dan membangkitkan kesadaran sejarah nasional serta terhindar dari ketidaktahuan terhadap nilai sejarah yang ada disekitarnya. Dalam hal ini pembelajaran IPS-Sejarah berbasis nilai sejarah lokal merupakan sumber inspirasi pendidikan karakter. Kisah heroik atau perjalanan panjang sejarah masyarakat dalam berbagai dimensinya sebagai refleksi memori kolektif sesungguhnya penuh dengan nilai-nilai setempat (local wisdom). Oleh karena itu sejarah lokal beserta nilai-nilai yang ada di dalamnya sangat berpotensi untuk dijadikan konten pembentukan karakter peserta didik terlebih khusus dalam menangani krisis moral yang marak terjadi saat ini.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10751
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV