• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Profil Lulusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang; antara Harapan dan Kenyataan

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (2.967Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    Nurkhin, Ahmad
    Setiyani, Rediana
    Widhiastuti, Ratieh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi akan menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi dan revolusi industri 4.0. Prodi Pendidikan Akuntansi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing. Kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh sarjana pendidikan akuntansi diantaranya adalah financial technology, digital literacy, dan networking literacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) FE UNNES. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk tracer study. Obyek penelitian adalah lulusan dan pengguna lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) yang diwisuda pada tahun 2018. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner didistribusikan melalui aplikasi google form secara online. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) FE UNNES telah bekerja sesuai dengan bidang studi (bidang pendidikan). Hanya sebagian kecil alumni yang merintis usaha (wirausaha). Lulusan menganggap bahwa apa yang telah diperoleh selama perkuliahan sangat mendukung pekerjaan yang sedang digeluti. Walaupun demikian, masih terdapat kompetensi yang seharusnya bisa lebih baik lagi untuk dikuasai. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi di bidang pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi bahasa Inggris, dan kompetensi kerjasama dan adaptasi. Profil lulusan berdasarkan jenis pekerjaan, masa tunggu lulusan, dan IPK telah sesuai dengan sasaran mutu Audit Mutu Internal (AMI). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengguna lulusan menunjukkan kepuasan terhadap kompetensi lulusan. Lulusan dianggap mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masingmasing.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10761
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan IV 2019 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV