Show simple item record

dc.contributor.authorNurkhin, Ahmad
dc.contributor.authorSetiyani, Rediana
dc.contributor.authorWidhiastuti, Ratieh
dc.date.accessioned2019-05-28T06:32:28Z
dc.date.available2019-05-28T06:32:28Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationBakhtiar, M. I., & Latif, S. (2017). Tracer Study Alumni: Upaya Pengembangan Prodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Makassar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 32–40. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk Daeng, A., Suriadi, I., & Masrun. (2017). Studi Pelacakan Kinerja Lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. EKONOBIS, 3(1), 69–78. Fahriany, Musfah, J., & Albantani, A. M. (2014). Profil sosial intelektual alumni program magister FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta. Kardoyo, Nurkhin, A., & Melati, I. S. (2018). A Profile of Master-Degree Program Graduates of Economic Education , UNNES : A Tracer Study. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR) (Vol. 247, pp. 274–281). Khair, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2016). Alumni Tracer System berbasis web (study kasus Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan Alam). In Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul (pp. 471–475). Samarinda: FMIPA Universitas Mulawarman. Muhson, A., Wahyuni, D., Supriyanto, & Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Economia, 8(April), 42–52. Nugroho, A. (2018). Aplikasi OLAP Profil Mahasiswa dan Lulusan. Jurnal SIMETRIS, 9(1), 533– 540. Pannogan, O. C., & Ocampo, D. P. (2016). Tracer study of bachelor of arts graduates major in English. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 5(1), 281–297. Priyatama, A. A., & Sukardi. (2013). Profil Kompetensi Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 153–162. Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM, 11(1), 63–74. Setiawati, L. (2010). Penelusuran Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 11(2), 75–83. Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi. Lembaran Ilmu Pendidikan, 46(2), 68–74. Toba, H., Wijaya, E. A., Wijanto, M. C., & Karnalim, O. (2017). Enhanced unsupervised person name disambiguation to support alumni tracer study. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 42–48. Wibisono, A., Ulama, B. S. S., & Asmoro, W. A. (2012). Tracer Study At Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Promoting Localization and Multiple Touch Points To Capture Alumni. In International Conference on Experience with Link and Match in Higher Education: Result of tracer studies world wide (pp. 1–9). Denpasar.id_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10761
dc.description.abstractProgram Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi akan menghadapi tantangan perkembangan teknologi informasi dan revolusi industri 4.0. Prodi Pendidikan Akuntansi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing. Kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh sarjana pendidikan akuntansi diantaranya adalah financial technology, digital literacy, dan networking literacy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) FE UNNES. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk tracer study. Obyek penelitian adalah lulusan dan pengguna lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) yang diwisuda pada tahun 2018. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner didistribusikan melalui aplikasi google form secara online. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) FE UNNES telah bekerja sesuai dengan bidang studi (bidang pendidikan). Hanya sebagian kecil alumni yang merintis usaha (wirausaha). Lulusan menganggap bahwa apa yang telah diperoleh selama perkuliahan sangat mendukung pekerjaan yang sedang digeluti. Walaupun demikian, masih terdapat kompetensi yang seharusnya bisa lebih baik lagi untuk dikuasai. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi di bidang pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi bahasa Inggris, dan kompetensi kerjasama dan adaptasi. Profil lulusan berdasarkan jenis pekerjaan, masa tunggu lulusan, dan IPK telah sesuai dengan sasaran mutu Audit Mutu Internal (AMI). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengguna lulusan menunjukkan kepuasan terhadap kompetensi lulusan. Lulusan dianggap mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab masingmasing.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2019id_ID
dc.titleAnalisis Profil Lulusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang; antara Harapan dan Kenyataanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record