Show simple item record

dc.contributor.authorFitriani, Sofa Aji
dc.contributor.authorSari, Dhany Efita
dc.date.accessioned2019-05-28T07:28:40Z
dc.date.available2019-05-28T07:28:40Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationDinni, Husna N. 2018. HOTS (higher order thinking skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Jurnal Unnes, Volume 2, Nomor 1. Halaman 170-176. Hugerat M. and Naji K. 2014. Improving higher order thingking skills among freshmen by teaching science through inquiry. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science, and Technology Education. Vol. 10, No. 5. Halaman 447-454. King, F. J., Goodson, L., Rohani, F. (2004). Higher Order Thingking Skill. A publication of the Educational Services Program, now knwon as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Limbach & Waugh. 2010. Developing Higher Level Thingking. Journal of Instructional Pedagogies, 1-9. Miri, B., Ben-Chaim., D&Zoller, V. 2007. Puposely Teaching for the Promotion of Higher Order Thingking Skills A Case of Critical Thingking. Res SCI Educ 37. Ningsih, Desi, L. 2018. Analisis Soal Tipe Higher Order Thingking Skill (HOTS) dalam Soal Ujian Nasional (UN) Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2016/ 2017. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Nisa, N. C., Nadiroh, dan Eko, S. 2018. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots) tentang lingkungan berdasarkan latar belakang akademik siswa. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Nomor 2, Volume XIX. Halaman 1-14. Novalita, Rahmi. 2014. Pengaruh perencanaan pembelajaran terhdap pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Lentera, Volume 14, Nomor 2. Halaman 56-61. Raiyn, J. and Oleg, T. 2015. Higher-order thingking development through adaptive problem-based learning. Journal of Education and Training Studies, Vol. 3, No. 4. Halaman 93-100. Shidiq, A. S., Mohammad, M., dan Elfi, S. V. H. 2015. Analisis Higher Ordejr Thingking Skills (HOTS) Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Siswa Kelas XI SMA N 1 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 39 ayat (2) Widodo, T. dan Kadarwati, S. 2013. High order thingking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembetukan karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1). Halaman 161-171. Yee, M. H., Lai, C. S., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. 2016. Thr Role of Higher Order Thingking Skills in Green Skill Development. EDP Sciences, 70(5001). 1-5. https://doi.org/10.1051/matecconf/20167005001.id_ID
dc.identifier.issn2503-4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10764
dc.description.abstractKurikulum 2013 merupakan suatu kuruikulum yang mendorong adanya keterampilan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dengan begitu penerapan metode yang sesuai untuk menunjang keterampilan HOTS harus diperhatikan oleh guru dan harus diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Akan tetapi, saat ini masih banyak ketidaksesuaian antara metode pembelajaran dengan soal - soal yang diberikan pada peserta didik oleh guru. Terdapat banyak soal yang harus diselesaikan oleh peserta didik yang mengandung keterampilan HOTS di dalamnya, tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik tidak dibiasakan untuk berpikir secara kritis atau menggunakan keterampilan HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan kesesuaian antara metode pelaksanaan pembelajaran dengan penyajian soal yang berkaitan dengan keterampilan HOTS sehingga dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal, peserta didik akan terbiasa dan mampu untuk menyelesaikannya dengan baik. Penelitian dilaksanakan menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari peneletian yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode yang menunjang keterampilan HOTS dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal - soal dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi akuntansi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2019id_ID
dc.titlePenerapan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Penyelesaian Soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Akuntansiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record