• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Restasi Belajar Fisika dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Materi Hukum Newton

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (548.4Kb)
    Date
    2019-04
    Author
    Dwiasih, Ratna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Trenggalek, pada semester 2 yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan pemberian tes uji kompetensi. Hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan adanya kenaikan tingkat keaktifan siswa, yaitu pada siklus I yang berpredikat C, 11,11%, B, 66,67%, SB, 22,22%, sedangkan pada siklus II, yang berpredikat C, 3,7%, B, 59,26%, SB, 37,04%. Sedangkan untuk hasil nilai tes, pada siklus I masih ada 16 siswa yang mendapat nilai di bawah 70 sedangkan siklus II tidak ada. Nilai rata-rata 65 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 70. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak yaitu 11 siswa dan pada siklus II semuanya tuntas. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas siswa meningkat dalam bekerjasama dengan teman, menerapkan nilai kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan. Hasil belajar siswa juga meningkat, ditunjukkan dengan nilai yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian dari pelaksanaan PTK dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Hukum Newton di MAN 2 Trenggalek.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10819
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV