Show simple item record

dc.contributor.authorDwiasih, Ratna
dc.date.accessioned2019-06-18T01:54:01Z
dc.date.available2019-06-18T01:54:01Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citation[1] Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara [2] Faiza, Mastur. 2012. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogakarta: Diva Press. [3] Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press. [4] Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks. [5] Tim dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.id_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10819
dc.description.abstractTujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Trenggalek, pada semester 2 yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan pemberian tes uji kompetensi. Hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan adanya kenaikan tingkat keaktifan siswa, yaitu pada siklus I yang berpredikat C, 11,11%, B, 66,67%, SB, 22,22%, sedangkan pada siklus II, yang berpredikat C, 3,7%, B, 59,26%, SB, 37,04%. Sedangkan untuk hasil nilai tes, pada siklus I masih ada 16 siswa yang mendapat nilai di bawah 70 sedangkan siklus II tidak ada. Nilai rata-rata 65 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 70. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak yaitu 11 siswa dan pada siklus II semuanya tuntas. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas siswa meningkat dalam bekerjasama dengan teman, menerapkan nilai kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan. Hasil belajar siswa juga meningkat, ditunjukkan dengan nilai yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian dari pelaksanaan PTK dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika pada pokok bahasan Hukum Newton di MAN 2 Trenggalek.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional GEOTIK 2019id_ID
dc.titlePeningkatan Restasi Belajar Fisika dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Materi Hukum Newtonid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record