Show simple item record

dc.contributor.authorKasana, Anita Ulfa
dc.contributor.authorKhotimah, Rita Pramujiyanti
dc.date.accessioned2019-06-20T03:19:56Z
dc.date.available2019-06-20T03:19:56Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationAsikin, Mohammad. (2002). Lembaran Ilmu Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Chama, Novita Nur. (2018). Skripsi : Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta Esti, Sri. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia. Eveline, & Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Ghalia Indonesia. Larasati, Devian P.I. (2016). Skripsi : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Semarang, Universitas Negeri Semarang. Mahmudah, Itsna Dzuriyati., & Sutarni, Sri. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017 : Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Bentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatiga. Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pusat Penilaian Pendidikan. (2015) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015. Diakses pada 28 September 2018 dari https://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/ Susanti. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6), 71-79, ISSN : 2301-9085. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Watson, John. (2006). Pro Oracle Collaboration Suite 10 g. New York : Springer-Verlag. Wildana. (2016). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menjawab Soal Program Linear Kelas XII IPA MAN 1 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN), 5(1), 88-101. Winarsih, K.A., Sugiarti, T., Khutobah. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Katgeori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Pengolahan Data Siswa Kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Mahasiswa, I (1), 1-5. Wulandari, Ayu Vivi. (2016). Skripsi: Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Kriteria Watson pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP N 4 Jember. Jember, Universitas Jember. Wulansari, Ira. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma, 5(2), 139-146.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10885
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan Kriteria Watson dan mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 40 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara, sedangkan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan kriteria Watson : 1) data tidak tepat 15,97% , dengan kesalahan pengambilan data, kesalahan memodelkan matematika, dan kesalahan data untuk fungsi objektif, 2) prosedur tidak tepat 16.39%, dengan kesalahan proses pembuatan grafik dan kesalahan dalam memaksimumkan, 3) data hilang 4,20%, yakni kehilangan fungsi objektif, 4) konflik level respon 1,68%, siswa tidak menyelesaikan pekerjaan kemudian menyimpulkan jawaban sendiri, 5) manipulasi tidak langsung 14,29%, dengan kesalahan pengerjaan tidak logis, tidak menuliskan perhitungan, tidak menuliskan keterangan variabel, 6) masalah hierarki keterampilan 10,92%, dengan kesalahan perhitungan, 7) kesimpulan hilang 33,61%, yakni tidak memberikan kesimpulan secara tepat, 8) kategori kesalahan lain 2,94%, yakni siswa menulis ulang jawaban dan tidak mengerjakan soal. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yakni siswa kurang teliti, tergesa-gesa, kekurangan waktu, kurang menguasai materi, melepaskan usahanya dalam mengerjakan, dan siswa tidak terbiasa menulis jawaban secara lengkap.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titleKesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear berdasarkan Kriteria Watson Pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplakid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record