Browsing Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019 by Issue Date
Now showing items 1-20 of 77
-
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Problem Solving berbasis Budaya Melayu
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Permasalahan dalam pembelajaran matematika saat ini adalah hasil belajar matematika siswa masih rendah, hal tersebut disebabkan siswa kurang mampu memahami konsep dan pemecahan masalah matematika. Lingkungan sosial budaya ... -
Kata Pengantar & Daftar Isi
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03) -
Kelancaran Prosedural Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Kelancaran prosedural matematis merupakan kemampuan yang penting dikuasai oleh siswa. Kemampuan ini berkaitan dengan pemahaman siswa pada suatu konsep matematis serta penyelesaian masalah matematika. Melalui kelancaran ... -
Tradisional Snakes & Ladders Game Berbasis IT untuk Meningkatkan Prestasi Perkalian Pembagian Bilangan Cacah pada Anak SD
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Kualitas pendidikan di tingkat dasar dituntut untuk selalu lebih baik seiring dengan perubahan dunia. Pembelajaran matematika yang monoton dan anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, dapat menjadi faktor ... -
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Sekolah melalui Penerapan Brainstorming berbasis Assessment for Learning
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Pengantar probabilitas merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu-ilmunya. Oleh karena itu, kegiatan belajar dan mengajarnya diperlukan suatu metode yang tepat, mengingat setiap ... -
Analisis Hambatan dalam Proses Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Kelas Inklusi
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hambatan yang dialami oleh guru pendamping khusus di kelas inklusi SM Al Firdaus Sukoharjo, 2) hambatan yang dialami oleh guru matematika di kelas inklusi SM Al Firdaus ... -
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear berdasarkan Kriteria Watson Pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ngemplak
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan Kriteria Watson dan mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh ... -
Kontribusi Kemampuan Awal, Fasilitas Belajar, dan Komunikasi Matematik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kontribusi kemampuan awal, fasilitas belajar, dan komunikasi matematik terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika, ... -
Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Statistika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Persepsi Mahasiswa sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri)
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah statistika. Dengan melihat hasil belajar statistika dan mengetahui secara observasi langsung terhadap mahasiswa. Persepsi merupakan proses ... -
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel berdasarkan Teori Polya Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dan menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel.. Jenis ... -
Lesson Study as A Pattern of Professional Development Teacher
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)The problem of the weakness of the learning process cannot only be completed in a short time. Therefore, it needs an ongoing activity in the development of teacher professionalism. One of them is through Lesson study ... -
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament SMP
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Bantul semester genap tahun ajaran ... -
Efektivitas Problem Solving dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Siswa SMP
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving dan guided inquiry. Populasi ini dalam penelitian diambil tiga ... -
Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bidang berdasarkan Teori Newman
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah Geometri Bidang menggunakan indikator teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian ... -
Analisis Kompetensi Pemodelan Matematika Siswa SMP pada Kategori Kemampuan Matematika Berbeda
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Setiap orang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda. Kemampuan siswa dalam memodelkan matematika juga berbeda-beda sehingga ada berbagai macam kompetensi siswa dalam memodelkan matematika. Kompetensi pemodelan adalah ... -
Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Statistika Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh pembelajaran Model PACE dan konvensional pada Mata Kuliah Statistika Matematika dalam menyelesaikan soal pembuktian ... -
Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS)
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan besar presentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar tipe HOTS pada aspek menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, serta menganalisis faktor ... -
Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMK dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD)
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 2 Sleman semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan ... -
Perilaku Belajar Matematika Kelas Program Khusus (PK) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku belajar matematika kelas Program Khusus (PK) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Nara ... -
Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Materi Bidang Datar berdasarkan Teori Van Hiele
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa pada tahap visualisasi, analisis, dan deduksi informal dalam menyelesaikan soal materi bidang datar berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri ...