dc.identifier.citation | Amalia, S., R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17-30 Csáky, A., Szabová, E., & Naštická, Z. (2015). Analysis of Errors in Student Solutions of Context-Based Mathematical Tasks. Acta Mathematica Nitriensia, 1(1), 68-75 Loc, P. N., & Tong, H. D. (2017). Students’ errors in Solving Mathematical Word Problems and their Ability in Identifying Error in Wrong Solutions. European Journal of Educational Studies, 3(6), 226-241 Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer, 4(1), 49-56 Masduki & Pamungkas, M. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (CMT). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 7 Maret 2013. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/ NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, vol 9(1), 111-122 Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Utami, A. D. (2016). Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Geometri Berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 85-92 Vilenius-Tuohimaa, P., M., Aunola, K., & Nurmi, J., E. (2008). The Association Between Mathematical Word Problems and Reading Comprehension. Educational Psychology, 28(4), 409-426 | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah Geometri Bidang menggunakan indikator teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika kelas 03 semester I Universitas Tidar tahun akademik 2018/2019. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes ujian akhir semester dan pedoman wawancara. Teknik analisis data melalui tahap reduksi, penyajian data, menarik kesimpulan dan diuji keabsahan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 25,8% yaitu kesalahan dalam membaca informasi penting dalam soal; (2) kesalahan memahami soal sebesar 38,7% yaitu kesalahan karena tidak mengetahui apa yang ditanyakan soal; (3) kesalahan mentransformasi soal sebesar 58,1% yaitu kesalahan karena tidak mampu menggunakan cara yang tepat untuk menyelesaikan soal; (4) kesalahan keterampilan memproses sebesar 77,4% yaitu kesalahan dalam perhitungan; (5) kesalahan penulisan jawaban akhir 87,1% yaitu kesalahan mahasiswa dalam menuliskan jawaban akhir dari soal. | id_ID |