Show simple item record

dc.contributor.authorPamungkas, Megita Dwi
dc.contributor.authorWicaksono, Arief Budi
dc.date.accessioned2019-06-20T03:23:47Z
dc.date.available2019-06-20T03:23:47Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationAmalia, S., R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17-30 Csáky, A., Szabová, E., & Naštická, Z. (2015). Analysis of Errors in Student Solutions of Context-Based Mathematical Tasks. Acta Mathematica Nitriensia, 1(1), 68-75 Loc, P. N., & Tong, H. D. (2017). Students’ errors in Solving Mathematical Word Problems and their Ability in Identifying Error in Wrong Solutions. European Journal of Educational Studies, 3(6), 226-241 Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer, 4(1), 49-56 Masduki & Pamungkas, M. D. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika dengan Pemanfaatan Software Core Math Tools (CMT). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 7 Maret 2013. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/ NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, vol 9(1), 111-122 Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Utami, A. D. (2016). Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Geometri Berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 85-92 Vilenius-Tuohimaa, P., M., Aunola, K., & Nurmi, J., E. (2008). The Association Between Mathematical Word Problems and Reading Comprehension. Educational Psychology, 28(4), 409-426id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10887
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah Geometri Bidang menggunakan indikator teori Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika kelas 03 semester I Universitas Tidar tahun akademik 2018/2019. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes ujian akhir semester dan pedoman wawancara. Teknik analisis data melalui tahap reduksi, penyajian data, menarik kesimpulan dan diuji keabsahan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 25,8% yaitu kesalahan dalam membaca informasi penting dalam soal; (2) kesalahan memahami soal sebesar 38,7% yaitu kesalahan karena tidak mengetahui apa yang ditanyakan soal; (3) kesalahan mentransformasi soal sebesar 58,1% yaitu kesalahan karena tidak mampu menggunakan cara yang tepat untuk menyelesaikan soal; (4) kesalahan keterampilan memproses sebesar 77,4% yaitu kesalahan dalam perhitungan; (5) kesalahan penulisan jawaban akhir 87,1% yaitu kesalahan mahasiswa dalam menuliskan jawaban akhir dari soal.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bidang berdasarkan Teori Newmanid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record