dc.identifier.citation | Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Farida, Nurul. (2015). “Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ.Muham( 2016.) “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel”. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Manibuy, Ronald., Mardiyana, dan Dewi R.Sari. (2014). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X Sma Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua”. Jurnal ElektronikPembelajaran Matematika 2(9): 933-945. Miles, B. Matthew dan Michael Huberman.(1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press. Polya, G. (1973). How to Solve it : A New Aspect Mathematical Method. New Jarsey, USA: Pricenton University Press. Rahmania, Listia dan Ana Rahmawati. (2016.) “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel”. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(2): 165-174. Saraswati, Sari., Ratu I.I. Putri, dan Somakim. (2016). “Supporting Students Understanding of Linear Equations with One Variable Using Algebra Tiles”. Jurnal of Mathematics Education 7(1): 21-32. Shaleh, Haji. (1994). “Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas V SD Negeri Percobaan Surabaya”. Tesis. Surabaya: PPs IKIP Surabaya. Widodo, Sri A. dan A. A. Sujadi. (2015). “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri”. Jurnal Sosiohumaniora 1(1): 51-63. Wijaya, A. A. dan Masriyah.(2013). “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear DuaVariabel”.MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(1): 1-7. Zakaria, Effandi., Ibrahim, dan Siti M. . (2010.) “Analysis of Students Error in Learning of Quadratic Equations”. International Education Studies 3(3): 105-110. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dan menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel.. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan cara membandingkan data dengan cara yang berbeda. Teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel berdasarkan langkah Polya, yaitu (1) kesalahan memahami masalah yaitu tidak dapat menuliskan informasi terkait masalah apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, kesalahan membuat rencana yaitu tidak dapat mengubah kalimat soal kedalam model matematika serta kesalahan dalam memilih langkah-langkah penyelesaian, kesalahan melaksanakan rencana yaitu kesalahan penulisan jawaban serta kurang menguasai konsep operasi hitung, dan kesalahan memeriksa kembali jawaban yaitu siswa enggan serta tidak terbiasa dalam memerika kembali jawaban. (2) faktor penyebab kesalahan yaitu pemahaman siswa rendah dalam memahami konsep terkait materi PLSV, kesulitan menerjemahkan soal cerita kedalam model matematika, siswa kurang teliti dalam keterampilan berhitung. | id_ID |