Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Statistika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Persepsi Mahasiswa sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri)
dc.contributor.author | Purwaningrum, Fajar Adhi | |
dc.contributor.author | Sari, Eko Gumaya | |
dc.date.accessioned | 2019-06-20T03:35:12Z | |
dc.date.available | 2019-06-20T03:35:12Z | |
dc.date.issued | 2019-03 | |
dc.identifier.citation | Abraham H. Maslow.1970. Motivation and Personality.New York: Harper & Row Publisher. David C. McClelland 1961. The Achieving Society. By. Princeton, N. J.: D. Van Nostrand Co.,. Pp. xv, 512 Ira Nofita Sari, Dwi Fajar Saputri & Sasmita (2016). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) Volume 4, Nomor 2, September 2016, hal 108-114, diakses dari : http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JEMS Ika Dwi Saputra dan Abu Syafik (2016), “ Pengaruh Persepsi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp/Mts Se-Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, Vol 21, No 2 , Ekuivalen Jurnal Pendidikan Matematika, E-ISSN 2541-4070, Universitas Muhammadiyah Purworejo diakses Online dari: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2982 Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa . UTILITY: (Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi), Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 21-36 , ISSN 2549-1377 (Print) || ISSN 2549-1385 ,diakses Online dari : http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Edisi Revisi). Bandung:Remaja Rosdakarya Sofia Nur Afifah dan Ervan Johan Wicaksana (2014), “Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Statistika Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Statistika Mahasiswa Ikip Pgri Madiun. Jurnal CARE Volume 02 Nomor 1 Juni 2014 PG PAUD FIP IKIP PGRI MADIUN 1385 ,diakses Online dari :http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/857 Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2656-0615 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10891 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah statistika. Dengan melihat hasil belajar statistika dan mengetahui secara observasi langsung terhadap mahasiswa. Persepsi merupakan proses kesadaran terhadap suatu objek yang menghantarkan pada suatu pengertian, proses atau kemampuan untuk merasakan hasil dari pengetahuan dan sebagainya yang diperoleh dengan perasaan dan pengertian atau gerak hati yang bersifat abstrak. Persepsi akan menghantarkan seseorang kepada pengertian atau pemberian makna tentang sesuatu. Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah statistika menggambarkan tingkat dan pengertian serta pengetahuan akan manfaat statistika. Penelitian ini menggunakan rancangan Mixed Methods yang terdiri dari penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil dari mahasiswa semester IV Program studi akuntansi dan administrasi bisnis Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 74 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis path dengan software Smart PLS. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar statistika berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa, minat belajar statistika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa, motivasi belajar statistika berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar melalui persepsi mahasiswa, minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui persepsi mahasiswa. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019 | id_ID |
dc.title | Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Statistika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Persepsi Mahasiswa sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri) | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019
Meningkatkan Literasi Matematika untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0