dc.contributor.author | Sidiq, Enggar Fajar | |
dc.contributor.author | Sumargiyani, S | |
dc.contributor.author | Syahfitri, Mufika | |
dc.contributor.author | Khairani, Maulida Asih | |
dc.date.accessioned | 2019-06-20T03:37:36Z | |
dc.date.available | 2019-06-20T03:37:36Z | |
dc.date.issued | 2019-03 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Johnshon, David W, dkk. 2010. Colaboratif Learning : Strategi pembelajaran untuk sukses bersama. Bandung : Nusa Media. Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media. Huda, Miftahul, 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sardiman, 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Suherman, Erman, 2003. Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: JICA. Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2656-0615 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10892 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Bantul semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui rata-rata motivasi belajar siswa secara individu pada setiap siklus terjadi peningkatan secara signifikan. Siswa yang termotivasi pada siklus I pertemuan 1 sebesar 56,13%, pada siklus I pertemuan 2 sebesar 57,42%, rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 56,77% (kriteria cukup) dan pada siklus II Pertemuan 1 sebesar 74,52% , pada siklus II pertemuan 2 sebesar 76,13%, rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 75,32% (kriteria baik). Maka dapat dikatakan bahwa pada Siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan kondisi pada Siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Bantul Semester Genap tahun ajaran 2018/2019. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019 | id_ID |
dc.title | Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament SMP | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |