Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Fadhilah
dc.contributor.authorShomad, Zahid Abdush
dc.date.accessioned2019-06-20T06:48:22Z
dc.date.available2019-06-20T06:48:22Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationButler, F. M., Miller, S. P., Crehan, K., Babbit, B., & Pierce, T. (2003). Fraction Instruction for Students with Mathematics Disabilities: Comparing Two Teaching Sequences. The Division for Learning Disabilities of the Council for Exceptional Children: Volume 2, page 99-111. Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita (Suatu Pengantar Pendidikan Inklusif). Bandung: PT. Refika Aditama. Elliott, S. N. (2000). Educational Psychology: Third Edition. Singapore: McGraw-Hill Higher Education. Ilahi, T. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sarao, Teena. (2016). Obstacle and Challenges in Inclusive Education in India with Special Reference to Teacher Preparation. International Journal of Education and Applied Research 6(1). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/ atau Bakat Istimewa. Jakarta: Depdiknas. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. Salamanca: UNESCO & Ministry of Education and Science, Spain. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta. UNESCO. (2009). Policy Guidelines on Inclusion in Education Paris. UNESCO.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10894
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hambatan yang dialami oleh guru pendamping khusus di kelas inklusi SM Al Firdaus Sukoharjo, 2) hambatan yang dialami oleh guru matematika di kelas inklusi SM Al Firdaus Sukoharjo, dan 3) hambatan yang dialami oleh siswa tunagrahita di kelas inklusi SM Al Firdaus Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Prosedur pemilihan subjek pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian inklusi, guru matematika, guru pendamping khusus (GPK), dan siswa tunagrahita. data penelitian ini adalah deskripsi hambatan yang dialami oleh guru pendamping khusus di kelas inklusi SM Al Firdaus Sukoharjo, hambatan yang dialami oleh guru matematika di kelas inklusi SM Al Firdaus Sukoharjo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) hambatan yang dialami guru pendamping khusus adalah kesulitan dalam menjelaskan materi-materi yang ada pada mata pelajaran matematika kepada siswa tunagrahita, 2) hambatan yang dialami guru matematika adalah kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif, dan 3) hambatan yang dialami siswwa tunagrahita adalah kesulitan dalam menyesuaikan dengan materi yang diajarkan di kelas inklusi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titleAnalisis Hambatan dalam Proses Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Kelas Inklusiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record