Show simple item record

dc.contributor.authorHariyatmi, H
dc.contributor.authorMarsiyah, Fitri
dc.date.accessioned2019-06-25T02:09:06Z
dc.date.available2019-06-25T02:09:06Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.citationAmirulloh, D. (2014). “Analisis Soal SNMPTN Biologi Berdasarkan Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi dan Profil Capaian Siswa SMA Kelas XII”. Jurnal Formica Education Online. Vol.1, No.1, h: 3. Januari 2014. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arti, E.P.N. (2015). Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi dalam Pembuatan Soal HOT (Higher Order Thinking) di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Lodang, (2012). “Analisis Kesesuaian Antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Watansoppeng”. Jurnal Bionature. Vol.13, No.2, h: 123-124. Oktober 2012. Maulida., Muhibbuddin., dan Yusrizal. (2015). “Analisis Indeks Kesukaran dalam Pengembangan Item Tes pada Konsep Sel Tingat Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Edubio Tropika. Vol.3, No.1, Hal: 44. April 2015 Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasli). Jakarta: RajaGrafindo Persada. Supratiknya, A.( 2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Sutrisno, J.(2008). Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Widodo, A. (2006). Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains (The feature of Theacers’ and Students’ Questions in Science Lessons). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.4, No.2, h:139-148.id_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10899
dc.description.abstractSoal buatan guru merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil soal buatan guru Biologi berdasrkan Taksonomi Bloom di SMA Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi soal buatan guru Biologi dan diperkuat wawancara kepada guru Biologi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Soal yang diteliti adalah soal buatan guru kelas X, XI, dan XII. Soal diidentifikasi berdasarkan ranah taksonomi Bloomdan kaidah penulisan. Hasil penelitian diperoleh bahwa profil soal buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yaitu soal mudah (55,5%); sedang (31,9%); dan sukar (12,6%). Kaidah penulisan soal buatan guru meliputi jawaban singkat 80%, uraian 76% termasuk sesuai kaidah penulisan. Dengan demikian dapat simpulan yang dapat dikemukakan adalah bahwa profil soal buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah Surakarta semester gasal Tahun Ajaran 2015-2016 adalah soal yang dibuat adalah soal jawaban singkat dan uraian dengan katagori mudah (55,5%), sedang (31,95), dan sukar (12,6%), serta kaidah penulisan soal uraian termasuk baik.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3id_ID
dc.titlePROFIL SOAL BUATAN GURU BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA MUHAMMADIYAH SURAKARTAid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record