dc.identifier.citation | Abdussakir, A. (2009). Pembelajaran geometri sesuai teori van hiele, (June). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832 Al-ebous, T. (2016). Effect of the Van Hiele Model in Geometric Concepts Acquisition: The Attitudes towards Geometry and Learning Transfer Effect of the First Three Grades Students in Jordan. International Education Studies, 9(4), 87. https://doi.org/10.5539/ies.v9n4p87 Brown, J., & Skow, K. (2016). Mathematics : with Instructor ’ s Guide Table of Contents n Mathematics : Identifying and Addressing Student Errors, 33. Burger, W. F., & Shaughnessy, J. M. (1986). Characterizing the Van Hiele Levels of Development in Geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 31-48 Crowley, M. (1987). The van Hiele model of the development of geometric thought. Learning and Teaching Geometry, K-12, 1–16. Retrieved from http://www.csmate.colostate.edu/docs/math/mathactivities/june2007/The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought.pdf Ma, H. L., Lee, D. C., Lin, S. H., & Wu, D. B. (2015). A study of Van Hiele of geometric thinking among 1stthrough 6thGraders. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 1181–1196. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1412a Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2011). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele, 6, 287–298. Sunardi. (2016). Pembelajaran Geometri Sekolah dan Problematikanya. Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achivements in secondary school geometry. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Yudianto, E. (2015). Antisipasi Siswa Level Analisis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa pada tahap visualisasi, analisis, dan deduksi informal dalam menyelesaikan soal materi bidang datar berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu. Jenis dan desain penelitian pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada 27 siswa dalam kelas VIII D di SMP Negeri 2 Colomadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 siswa, 15 siswa berada pada tingkat visualisasi, 10 siswa berada pada tingkat analisis, dan 2 siswa berada pada tingkat deduksi informal. Kesalahan yang dilakukan siswa pada tingkat visualisasi yaitu siswa tidak mampu mengenali dan menggambar bidang datar sesuai dengan penampakannya. Pada tingkat analisis, siswa melakukan kesalahan dalam mengidentifikasi bidang datar berdasarkan sifat-sifat yang dimilikinya. Kesalahan pada tigkat deduksi informal yaitu siswa tidak mengetahui hubungan antar bidang datar. | id_ID |