dc.identifier.citation | Akiyus, Gosde. (2014). “The Effect of Student and School Factors on Mathematics Achievement in TIMSS 2011”. Education and Science 2014, Vol. 39, No. 172. Large-Scale Assessment Special Issue. Cohen, Jonathan. dkk. (2009). “School Climate: Research, Policy, Practice, and Teacher Education”. Teacher College Record Volume 111, Number 1, January 2009. pp, 180-213. Ernata, Yusvidha. (2017). ”Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Volume 5, Nomor 2, September 2017 (Halaman 781-790). Farooq, Muhammad Shahih & Shah, Syed Zia Ullah. (2008). “Students’ Attitude Towards Mathematics”. Mathematics education research journal, Volume 7 (1), pp. 37-49. Hakim, Thursa. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Panji, Abdul Khaliq Dwi. (2016). “Prestasi Belajar Antara Program Khusus dan Reguler (Studi Komparasi di MTs Negeri 1 Surakarta Tahun 2016)”. Skripsi. Surakarta: UMS. PP No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Purnomo. (2016). “Pengaruh Sikap Siswa pada Pembelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. JKPM, Vol. 02, No. 01, 01 Des 2016, hlm 93-105. Ramlah, dkk. (2014). “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi Vol. 1 No. 3 September-November 2014: 68-75.Sugiharto, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sumaryana. (2015). “Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga dengan Siswa Kelas Reguler SMP Negeri 2 Tempel Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Sukada, dkk. (2013). “Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasidan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 4 Tahun 2013. Tarmidi. (2006). Iklim Kelas dan Prestasi Belajar. Medan: Repository USU. | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku belajar matematika kelas Program Khusus (PK) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Nara sumber yang terlibat meliputi : guru matematika, wali kelas Program Khusus, serta siswa-siswi kelas Program Khusus SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data dari penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis datanya menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antusias belajar matematika siswa kelas Program Khusus sangat bagus, siswa aktif untuk bertanya maupun memberikan pendapat saat proses pembelajaran matematika. Penghargaan yang diberikan oleh guru untuk mengapresiasi antusias belajar matematika yaitu dengan memberikan tambahan nilai kepada siswa dan apresiasi untuk hasil belajar siswa berupa gratis SPP. Kebiasaan belajar kelas Program Khusus (PK) yaitu menggunakan buku kuarto, media pembelajaran menggunakan power point dan alat peraga, serta adanya pelajaran tambahan, yaitu pelajaran kemuhammadiyahan dan tahfidz dan terdapat jam ke-0 yang dimulai jam 07.00. | id_ID |