Show simple item record

dc.contributor.authorJatisunda, Mohamad Gilar
dc.contributor.authorSantoso, Erik
dc.contributor.authorWiguna, Siska Adi
dc.date.accessioned2019-07-06T03:02:15Z
dc.date.available2019-07-06T03:02:15Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationBobby Ojose (2008). Applying Piaget’s Theory of Cognitive Development to Mathematics Instruction. The Mathematics Educator 2008, Vol. 18, No. 1, 26–30 DePorter, B. & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning. Edisi Revisi. Bandung: Kaifa Frensch, Peter A. & Funke, Joachim.(2009). Thinking And Problem Solving. February 9, 2001, Long Beach, California (Associated Press). Khodijah, Nyayu, (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Moleong, Lexy J., (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. R.M. Felder & L.K. Silverman, (1988).“Learning and Teaching Styles in Engineering Education,” Engr. Education, 78(7), 674-681 ( Rahardjo, Mudjia (2017) Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. [Online] Tersedi: http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf Retna, Milda., Mubarokah, Lailatul., dan Suhartatik. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process In Solving Math Story Problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 1 No. 2. September 2013. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syah, Muhibbin, (2017) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Thomas F. Hawk & Shah, Amit J.(2007) Using Learning Style Instruments to Enhance Student Learning, Decision Sciences Journal of Innovative Education Volume 5 Number 1 January 2007 Printed in the U.S.A. Widyastuti, Rani. (2013). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Langkah-Langkah Polya ditinjau Dari Adevrsity Quotient. Program Paska Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Zhang Zhiqing (2015). Assimilation, Accommodation, and Equilibration: A Schema-Based Perspective on Translation as Process and as Product. nternational Forum of Teaching and Studies Vol. 11 No. 1-2 201 Zuhri, D. 1998. Proses Berpikir Siswa Kelas II SMPN 16 Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perbandingan Berbalik Nilai.Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: pascasarjana Unesaid_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11043
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan berdasarkan perbedaan setiap siswa dalam proses penerimaan informasi pelajaran yaitu gaya belajar. Fokus pada penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah berdasarakan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pada penelitian adalah rubrik gaya belajar berdasarkan teori Fleming kemudian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan dari instrumen soal pemecahan masalah matematis berdasarkan pemecahan masalah polya. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan proses berpikir konseptual, siswa mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban dengan baik. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan yang sama dengan siswa dengan gaya belajar visual yaitu memiliki kemampuan proses berpikir konseptual dengan mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban dengan baik. Sementara siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah semi konseptual, siswa tersebut kurang mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titleProses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Belajarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record