dc.identifier.citation | Arikunto S., Suhardjono, & Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Asikin, M. 2001. Komunikasi Matematika dalam RME. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma. Beni. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa. Halaman 116. Hanafiah, & Cucu S. 2009. Kosep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Masni, Dwika. 2015. Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Advance Organizer dan Scientific Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kebiasaan Berpikir Matematik Siswa Kelas VIII. Tesis UPI. Tidak Diterbitkan. Polya, G. 1980. On Solving Mathematical Problems in Hight School. New Jersey: Princeton Univercity Press. Pourdavood, G., Roland & Patrick W. 2015. Importance of Mathematical Communication and Discourse in Secondary Classrooms. Global Journal of Science Frontier Research: F Mathematics and Decision Sciences. Volume 15, No. 10 dan Halaman 8-20. Stephen. 1983. Penelitian Tindakan Kelas. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Metakognitif yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 11 siwa laki-laki dan 15 siswa perempuan, sedangkan pelaku tindakan adalah peneliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, pengolahan data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian diperoleh data terdapat peningkatan komunikasi matematik siswa, hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian indikator komunikasi matematik sebagai berikut: 1) Menyajikan penyelesaian dari suatu permasalahan 34,6% atau 9 siswa meningkat menjadi 73,1% atau 19 siswa, 2) Kemapuan menggunakan tabel, gambar, model, dan lain-lain untuk menyampaikan penjelasan 42,3% atau 11 siswa meningkat menjadi 61,5% atau 16 siswa, 3) Kemampuan menjelaskan kesimpulan yang diperoleh meningkat menjadi 30,7% atau 8 siswa meningkat menjadi 57,7% atau 15 siswa. | id_ID |