• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • MIPA
    • Volume 17 No. 1, Januari 2007
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • MIPA
    • Volume 17 No. 1, Januari 2007
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 2 KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2004/2005 MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DAN STAD (Student Teams Achievement Division)

    Thumbnail
    View/Open
    3. HARIYATMI.pdf (267.2Kb)
    Date
    2007-01
    Author
    Hariyatmi, Hariyatmi
    Herowati, Eli
    Djumadi, Djumadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    KBK menuntut kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif, misalnya strategi pembelajaran jigsaw dan STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII semester II SMP Negeri 2 Kebakkramat kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2004/2005 menggunakanan strategi pembelajaran jigsaw dengan STAD serta untuk mengetahui strategi pembelajaran manakah yang lebih tinggi dalam pencapaian hasil belajar biologi pada pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMP Negeri 2 Kebakkramat kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2004/2005 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 84 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis statistik menunjukan ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yag menggunakan strategi pembelajaran jigsaw dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran STAD, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan hasil belajar biologi yang diperoleh dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw yaitu aspek kognitif sebesar 69,9, aspek afektif sebesar 92 dan aspek psikomotor sebesar 88, sedangkan hasil belajar biologi yang diperoleh dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD yaitu aspek kognitif sebesar 66,4, aspek afektif sebesar 90 dan aspek psikomotor sebesar 86, dan strategi pembelajaran jigsaw lebih tinggi dalam pencapaian hasil belajar biologi dari pada strategi pembelajaran STAD.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1111
    Collections
    • Volume 17 No. 1, Januari 2007

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV