Penerapan Model Kooperatif Tipe Plantet Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembulatan Bilangan pada Tema I Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV-B (SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembulatan bilangan pada tema 1 subtema
Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran
2015/2016. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta yang
berjumlah 30 siswa. Objek penelitian yang diteliti adalah hasil belajar Pembulatan Bilangan pada Tema
1 Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta. Sumber
data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap : perencanaan tindakan (planning), tindakan (action),
observsi (observation), dan refleksi (reflection). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pembulatan Bilangan melalui
penerapan model kooperatif tipe plantet questions siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta
tahun pelajaran 2014/2015. Adapun peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa
yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada pelakanaan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan
belajar adalah 20 siswa dari 30 siswa yang hadir (67%). Pada pelaksanaan siklus II siswa yang
mengalami ketuntasan belajar adalah 28 siswa dari 30 siswa yang hadir (93%). Hal ini membuktikan
bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe plantet questions dapat meningkatkan hasil belajar
Pembulatan Bilangan pada tema 1 subtema keberagaman Budaya bangsaku siswa kelas IV-B SD
Muhammadiya 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.