• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Kooperatif Tipe Plantet Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembulatan Bilangan pada Tema I Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV-B (SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (202.1Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Marlinawati, Heni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembulatan bilangan pada tema 1 subtema Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian yang diteliti adalah hasil belajar Pembulatan Bilangan pada Tema 1 Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap : perencanaan tindakan (planning), tindakan (action), observsi (observation), dan refleksi (reflection). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pembulatan Bilangan melalui penerapan model kooperatif tipe plantet questions siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Adapun peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada pelakanaan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 20 siswa dari 30 siswa yang hadir (67%). Pada pelaksanaan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 28 siswa dari 30 siswa yang hadir (93%). Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe plantet questions dapat meningkatkan hasil belajar Pembulatan Bilangan pada tema 1 subtema keberagaman Budaya bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiya 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11180
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV