dc.contributor.author | Marlinawati, Heni | |
dc.date.accessioned | 2019-07-24T10:37:26Z | |
dc.date.available | 2019-07-24T10:37:26Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Arikunto,Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad,Azhar.2009. Media Pembelajaran. Jakarta; Raja Grafindo Persada Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta. Baharuddin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Http://id.scribd.com/doc/80072874/Model-Pembelajaran-Co-Op-Co-Op dikutip tanggal 20 Oktober 2014, pukul 15.00 WIB Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2014. Buku siswa. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud. Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika (BSE). Pusat Perbukuan: Depdiknas. Nana Syaodin Sukmadinata, 2007. Metodologi penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosda Karya Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Slmeato. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Udin S. Winataputra, dkk Strategi Belajar Mengajar (PGSD 2201) Penerbit Universitas Terbuka. Zaini, Hisyam,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11180 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembulatan bilangan pada tema 1 subtema
Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran
2015/2016. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta yang
berjumlah 30 siswa. Objek penelitian yang diteliti adalah hasil belajar Pembulatan Bilangan pada Tema
1 Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta. Sumber
data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap : perencanaan tindakan (planning), tindakan (action),
observsi (observation), dan refleksi (reflection). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pembulatan Bilangan melalui
penerapan model kooperatif tipe plantet questions siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah 2 Surakarta
tahun pelajaran 2014/2015. Adapun peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa
yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada pelakanaan siklus I siswa yang mengalami ketuntasan
belajar adalah 20 siswa dari 30 siswa yang hadir (67%). Pada pelaksanaan siklus II siswa yang
mengalami ketuntasan belajar adalah 28 siswa dari 30 siswa yang hadir (93%). Hal ini membuktikan
bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe plantet questions dapat meningkatkan hasil belajar
Pembulatan Bilangan pada tema 1 subtema keberagaman Budaya bangsaku siswa kelas IV-B SD
Muhammadiya 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Penerapan Model Kooperatif Tipe Plantet Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembulatan Bilangan pada Tema I Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV-B (SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016) | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |