Pengembangan Buku Cerita Anak Bilingual berbasis Nilai-Nilai Tanggung Jawab bagi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita anak bilingual bagi siswa sekolah
dasar. Secara rinci penelitian ini bertujuan mengetahui (1) langkah-langkah
pengembangan buku cerita anak bilingual berbasis karakter tanggung jawab (2)
bagaimana hasil kelayakan buku cerita anak bilingual berbasis karakter karakter
tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan Sugiyono. Teknik pengumpulan data berupa angket
penilaian ahli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif. Produk
buku cerita anak yang dikembangkan mendapatkan penilaain baik menurut ahli.
Sedangkan proses pengembangnnya dilakukan melalui lima langkah, yaitu 1) Potensi
dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, dan Revisi
desain. Berdasarkan validasi ahli media mendapatkan persentase 96,92 % dengan
kategori sangat baik, hasil validasi ahli materi mendapatkan jumlah persentase 85 %
dengan kategori Baik, sedangkan hasil validasi ahli pembelajaran mendapatkan
persentase 92,5 % dengan kategori Sangat Baik.