Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 01 Wonolopo
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara minat belajar siswa dan
perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 01 Wonolopo. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis stasistik.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas tinggi (IV, V, VI) SD Negeri 01 Wonolopo yang berjumlah 87
siswa . Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kels IV, 12 siswa kelas V, dan 12 Siswa kelas VI SD
Negeri 01 Wonolopo. Teknik pemngambilan sampel menggunakan stratified Random Sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan
uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier
berganda diperoleh persamaan: Y = 40,127+ 0,266X1 + 0,220X2. Hasil analisis data taraf signifikansi
5% diperoleh: (1) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t
diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 0,266 > 2,032 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,032 dengan
sumbangan relatif sebesar 48,2% dan sumbangan efektif sebesar 12,7%. (2) Perhatian orang tua
berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung> ttabel,
yaitu 2,328 > 2,032 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,026 dengan sumbangan relatif sebesar
sebesar 51,6% dan sumbangan efektif sebesar 13,5%. (3) Minat belajar dan Perhatia orang tua
berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung> Ftabel yaitu
5.858 > 3,28 dan nilai signifikansinya < 0,05 , yaitu 0,002.