• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 01 Wonolopo

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (326.3Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Darmawan, Ricky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 01 Wonolopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis stasistik. Populasi penelitian seluruh siswa kelas tinggi (IV, V, VI) SD Negeri 01 Wonolopo yang berjumlah 87 siswa . Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kels IV, 12 siswa kelas V, dan 12 Siswa kelas VI SD Negeri 01 Wonolopo. Teknik pemngambilan sampel menggunakan stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 40,127+ 0,266X1 + 0,220X2. Hasil analisis data taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 0,266 > 2,032 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,032 dengan sumbangan relatif sebesar 48,2% dan sumbangan efektif sebesar 12,7%. (2) Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,328 > 2,032 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,026 dengan sumbangan relatif sebesar sebesar 51,6% dan sumbangan efektif sebesar 13,5%. (3) Minat belajar dan Perhatia orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung> Ftabel yaitu 5.858 > 3,28 dan nilai signifikansinya < 0,05 , yaitu 0,002.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11191
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV