Show simple item record

dc.contributor.authorDarmawan, Ricky
dc.date.accessioned2019-07-24T13:12:50Z
dc.date.available2019-07-24T13:12:50Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationHelmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulpratangga, Gigih. 2010. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Rejosari Tahun Ajaran 2010/2011.Skripsi. Surakarta: UMS Risnawati, Lina. 2011.Pengaruh Latar Belakang Orang Tua dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Cakraningratan no. 32 Tahun Ajaran 2011/2012.Skripsi. Surakarta: UMS Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakaryaid_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11191
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 01 Wonolopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis stasistik. Populasi penelitian seluruh siswa kelas tinggi (IV, V, VI) SD Negeri 01 Wonolopo yang berjumlah 87 siswa . Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kels IV, 12 siswa kelas V, dan 12 Siswa kelas VI SD Negeri 01 Wonolopo. Teknik pemngambilan sampel menggunakan stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 40,127+ 0,266X1 + 0,220X2. Hasil analisis data taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 0,266 > 2,032 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,032 dengan sumbangan relatif sebesar 48,2% dan sumbangan efektif sebesar 12,7%. (2) Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,328 > 2,032 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,026 dengan sumbangan relatif sebesar sebesar 51,6% dan sumbangan efektif sebesar 13,5%. (3) Minat belajar dan Perhatia orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung> Ftabel yaitu 5.858 > 3,28 dan nilai signifikansinya < 0,05 , yaitu 0,002.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titlePengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 01 Wonolopoid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record