dc.contributor.author | Wulandari, Sri Surani | |
dc.date.accessioned | 2019-07-25T02:18:36Z | |
dc.date.available | 2019-07-25T02:18:36Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Copley.2001.The Young Child and Matematics.National Associacion for the Education of Young Children. Hamalik, Oemar.2006.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Hamalik:http://edukasi.kompasiana.com/2014/04/11/media-pembelajaran-artipositiffungsi- klasifikasi-dan-karakteristiknya/ di akses pada tanggal 22 April 2014 Kusumadewi, Ratih.2010.Penelitian Tindakan Kelas.Surakarta:UNS Mulyasa.2009.Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Slameto.2010.Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta Sudjana, Nana.2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya. Tajudin.2008.Pembelajaran Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Investasi Bermain Tata Angka Trinandita.1984.Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Membantu Meningkatkan Hasil Belajar.Jakarta:Bumi Aksara Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 2001.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya. Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho.2010.Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik.Yogyakarta: Nuha Letera. Wardhani,IG.A.K.2004.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Universitas Terbuka Wulandani, Septi Peni.2008.Jarimatika (teknik berhitung mudah dan menyenangkan dengan menggunakan jari –jari tangan):Penambahan dan Pengurangan.Jakarta:Kawan Pusta. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11194 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik dalam menghitung pola bilangan dengan menggunakan media Head And Hand pada peserta
didik kelas IC SD Negeri 03 Jaten. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua
siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada
penelitian ini adalah peserta didik-peserta didik kelas IC SDN 03 Jaten yang memiliki hasil belajar
rendah yang terdiri dari 33 peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar
71 (dalam kategori hasil rendah) dengan presentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM
adalah 51%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 82 (dalam kategori tinggi)
dengan presentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 76%. Sedangkan aktivitas
peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 65% menjadi 84% pada siklus II. Dengan demikian,
dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan penggunaan media head
and hand dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pokok bahasan pola bilangan
pada peserta didik kelas IC SDN 03 Jaten Kabupaten Karanganyar. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserrta Didik dalam Menghitung Pola Bilangan melalui Media Head and Hand | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |