Model Pembelajaran "Who Wants to Be a Winner?" sebagai Pengembangan Evaluasi Berorientasi HOTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran “Who Wants To Be A Winner?” sebagai Pengembangan Evaluasi berorientasi HOTS.
Konsep penerapan model pembelajaran “Who Wants to be a Winner?” dirancang dengan menggunakan
beberapa inovasi dalam strategi pembelajaran antara lain penggabungan team quiz dan teams games
tournaments. Strategi tersebut didukung dengan media puzzle bernomor. Perbaikan pembelajaran
dilakukan dengan model pembelajaran “Who Wants To Be A Winner?” diterapkan pada kelas IV MI
Muhammadiyah Program Khusus Kartasura yang terdiri dari 91 siswa. Kegiatan ini dilakukan dengan
tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Data dikumpulkan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran “Who Wants To
Be A Winner?” sebagai pengembangan evaluasi berorientasi HOTS. Model tersebut dapat menciptakan
pembelajaran yang aktif, siswa mampu berfikir kritis dalam memecahkan masalah, berinteraksi dan
bekerjasama dengan kelompoknya, termotivasi dalam belajar, bertanggung jawab, mengembangkan rasa
percaya diri dan terbuka terhadap saran dan pendapat orang lain.