HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD
View/ Open
Date
2019-01Author
Wahyuningsih, Yuli
Rachmawati, Ika
Setiawan, Andri
Ngazizah, Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Visi pendidikan pada abad 21 berdasarkan pada paradigma learning adalah belajar berpikir yang
berorientasi pada pengetahuan logis dan rasional, belajar berbuat yang berorientasi pada bagaimana
mengatasi masalah, belajar menjadi mandiri yang berorientasi pada pembentukan karakter, dan belajar
hidup bersama yang berorientasi untuk bersikap toleransi dan sikap bekerjasama. Pembelajaran IPA di
SD mencakup aspek produk, proses, sikap, dan aplikasi. Keterampilan generik sains adalah suatu
pembelajaran yang mengajak siswa berpikir melalui sains dalam kehidupannya. High Order Thinking
Skills merupakan kemampuan untuk menghubungkan, memanipulasi, dan mengubah pengetahuan
serta pengalaman yang sudah dimiliki secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan untuk
menyelesaiakan masalah pada situasi baru. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui kaitan
antara High Order Thinking Skills (HOTS) dengan keterampilan generik sains.