• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Alam Takambang sebagai Mitra Guru dalam Pendekatan Sainstifik

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (412.9Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Yuliati, Y
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada dasarnya, anak usia sekolah dasar memiliki daya imajinasi dan jiwa petualang yang tinggi dalam mengekspresikan bakat, minat, dan kreatifitas yang dilakukan dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka. Sedangkan pada umumnya, pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas secara rutin dan tidak diselingi dengan praktik lapangan atau pembelajaran di luar kelas mengakibatkan kebosanan, membatasi pandangan peserta didik, serta perkembangan kreatifitas dalam belajar kurang mendapat perhatian. Keterbatasan media juga akan mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang masih bersifat abstrak terutama berhubungan dengan lingkungan sekitar serta memberikan manfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreatifitas anak usia sekolah dasar dibutuhkan inovasi dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah menggugah kreativitas dan inovasi guru untuk pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar salah satunya dengan memanfaatkan alam dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik sesuai pepatah Minangkabau yaitu Alam Takambang Jadi Guru.Guru secara kreatif dan inovatif dapat mengubah pengetahuan yang bersifat abstrak menjadi riil dan nyata dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran konkrit yang ada di alam. Sehingga alam takambang di sekitar sekolah dapat menjadi mitra guru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan etnografis. Subjek penelitian ini adalah50 peserta didik kelas 6 di SD Negeri Nayu Barat II No. 213. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah terlaksananya pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifikmemanfaatkan alam takambang sebagai mitra guru sebagai sumber belajar dan media nyata untuk mendukung Pencapaian Kompetensi Dasar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11204
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV