Show simple item record

dc.contributor.authorYuliati, Y
dc.date.accessioned2019-07-25T04:03:25Z
dc.date.available2019-07-25T04:03:25Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationSugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:Yuma Pustaka. Niron, M.D., Budiningsih, C.A., dan Pujiriyanto. 2013. Rujukan Integratif dalamPelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Hal 19-31. Jurnal Kependidikan, 43(1). Yulliarto, Hari. 2010. Pendidikan Luar Kelas sebagai Pilar Pembentukan KarakterSiswa. Yogyakarta: FIK UNY. Suyanto, A.D. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo. Kabaranah. 2017. Makna Falsafah Alam Takambang Jadi Guru. http://www.kabaranah.com. Diakses Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 16.00 WIB. Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka. ________. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka. ________. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka. Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media. ______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013: Pendekatan Saintifik.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nedovic, Sonya dan Morrissey, Anne-Marie. 2013. Calm Active and Focused:Children’s Responses to An Organic Outdoor Learning Environment. USA: Springer Science+Business Media Dordrecht, Learning Environ Res, 16: 281–295. Santoso, Toni Tulus. 2010. Pemanfaatan Media Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Tema Lingkungandi Kelas II C SDN Percobaan 2 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. Yilmaz, Fatih dan Kahraman, Ayse Derya. 2015. Science and Nature Perceptioninthe Images and Pictures of the Children. Turkey: Elsevier, Procedia - Social and Behavioral Sciences 176: 650 – 658.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11204
dc.description.abstractPada dasarnya, anak usia sekolah dasar memiliki daya imajinasi dan jiwa petualang yang tinggi dalam mengekspresikan bakat, minat, dan kreatifitas yang dilakukan dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka. Sedangkan pada umumnya, pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas secara rutin dan tidak diselingi dengan praktik lapangan atau pembelajaran di luar kelas mengakibatkan kebosanan, membatasi pandangan peserta didik, serta perkembangan kreatifitas dalam belajar kurang mendapat perhatian. Keterbatasan media juga akan mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang masih bersifat abstrak terutama berhubungan dengan lingkungan sekitar serta memberikan manfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreatifitas anak usia sekolah dasar dibutuhkan inovasi dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah menggugah kreativitas dan inovasi guru untuk pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar salah satunya dengan memanfaatkan alam dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik sesuai pepatah Minangkabau yaitu Alam Takambang Jadi Guru.Guru secara kreatif dan inovatif dapat mengubah pengetahuan yang bersifat abstrak menjadi riil dan nyata dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran konkrit yang ada di alam. Sehingga alam takambang di sekitar sekolah dapat menjadi mitra guru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan etnografis. Subjek penelitian ini adalah50 peserta didik kelas 6 di SD Negeri Nayu Barat II No. 213. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah terlaksananya pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifikmemanfaatkan alam takambang sebagai mitra guru sebagai sumber belajar dan media nyata untuk mendukung Pencapaian Kompetensi Dasar.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titleAlam Takambang sebagai Mitra Guru dalam Pendekatan Sainstifikid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record