• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK)
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Guru dan Buku Peserta Didik Berkarakter berbasis Kurikulum 2013

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (407.4Kb)
    Date
    2019-01
    Author
    Juwita, Yuni Cahya
    Marganingsih, Dewi
    Mirmanto, Nurman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum 2013 yang valid.Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap, yaitu Tahap 1: studi pendahuluan dengan mendapatkan data dari guru SD dan kajian teori. Tahap 2 :pengembangan buku ajar, berupa buku matematika cerdas dan berkarakter. Tahap 3: validasi isibahan ajar: dengan meminta beberapa orang validator yang terdiri dari praktisi dan akademisi. Tahap 4: validasi konstruk bahan ajar. Tahap 5 uji skala besar. Tahap 1 sampai 3 dilakukan telah dilakukan untuk mendapatkan buku matematika cerdas dan berkarakter yang valid.Pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang dikembangkan telah teruji valid. Hasil rata-rata penilaian yang di peroleh dari validator adalah 70 dari skor maksimal 88 (80%) yang berarti bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil validasi tersebut dilakukan penyempurnaan draft buku ajar. Buku guru dan buku peserta didik matematika berbasis kurikulum 2013 yang berkarakter pada pembelajaran efektif, yang dapat dilihat dari (1) pembelajaran memenuhi ketuntasan baik secara individual maupun klasikal, (2) keaktifan peserta didik berpengaruh positif terhadap hasil belajar, (3) hasil belajar peserta didik menggunakan buku ajar matematika yang berkarakterlebih baik daripada hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas maka buku pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang telah dilakukan sudah memenuhi prosedur pengembangan validasi isi dan validasi konstruk.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11205
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV