Show simple item record

dc.contributor.authorJuwita, Yuni Cahya
dc.contributor.authorMarganingsih, Dewi
dc.contributor.authorMirmanto, Nurman
dc.date.accessioned2019-07-25T04:05:27Z
dc.date.available2019-07-25T04:05:27Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationAbu Su‟ud, Suwandi, dan Sudharto. 2011. Pendidikan Karakter Disekolah Dan Perguruan Tinggi. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan DasarDan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Kemendiknas. 2013. Keberhasilan kurikulum 2013. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/ (di akses 20 Mei 2013) Sanaky, H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press Sugiyono. 2009. Metoda Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11205
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum 2013 yang valid.Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahap, yaitu Tahap 1: studi pendahuluan dengan mendapatkan data dari guru SD dan kajian teori. Tahap 2 :pengembangan buku ajar, berupa buku matematika cerdas dan berkarakter. Tahap 3: validasi isibahan ajar: dengan meminta beberapa orang validator yang terdiri dari praktisi dan akademisi. Tahap 4: validasi konstruk bahan ajar. Tahap 5 uji skala besar. Tahap 1 sampai 3 dilakukan telah dilakukan untuk mendapatkan buku matematika cerdas dan berkarakter yang valid.Pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang dikembangkan telah teruji valid. Hasil rata-rata penilaian yang di peroleh dari validator adalah 70 dari skor maksimal 88 (80%) yang berarti bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil validasi tersebut dilakukan penyempurnaan draft buku ajar. Buku guru dan buku peserta didik matematika berbasis kurikulum 2013 yang berkarakter pada pembelajaran efektif, yang dapat dilihat dari (1) pembelajaran memenuhi ketuntasan baik secara individual maupun klasikal, (2) keaktifan peserta didik berpengaruh positif terhadap hasil belajar, (3) hasil belajar peserta didik menggunakan buku ajar matematika yang berkarakterlebih baik daripada hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas maka buku pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang telah dilakukan sudah memenuhi prosedur pengembangan validasi isi dan validasi konstruk.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titlePengembangan Buku Guru dan Buku Peserta Didik Berkarakter berbasis Kurikulum 2013id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record