Show simple item record

dc.contributor.authorSriyati, Siti
dc.contributor.authorRukmana, Putri Enizs Wahyu
dc.date.accessioned2019-08-08T07:51:15Z
dc.date.available2019-08-08T07:51:15Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationAnonim. (2005). Inquiry Based Learning. https://www.thirteen.org Avid. (2012). Three Story House (Costa’s Level Questioning). Avid Decades of College Dreams. http://www.pinterest.com. Chin, C. & Osborne, J. (2008). Students’ Question: A Potential Resource for Teaching and Learning Sciences. Studies in Science Education. 44(1). 1-39. Cholifah, Hendri & Deswati. (2013). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Mengungkapkan Pertanyaan pada Proses Pembelajaran Biologi Kelas VII. E-Jurnal Bung Hatta, 2(4), 1-12. Cuccio-Shirripa, S & Sreiner, H.E. (2000). Enhancement and Analysis of Science Question Level for Middle School Students. Journal of Research in Science Teaching. Vol 37, Issue 2, pp 210-224 Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of illinois. Online at http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/The NatureofCriticalThinking_51711_000.pdf Farmer, L.S. (2014). What is a Question? IFLA Journal, 33(1), 41-49 Gofur, A. (2015). Model pembelajaran problem posing. https://model pembelajaran1.wordpress.com. Diakses tanggal 1 April 2019. Jansen, T. (2002). Intruction in Self-Questioning as A Literacy Reading Strategy. An Exploration of Emperical Research Educatioanal Studies in Langiage and Literature. [Tersedia online : http://www. Researchgate,net/publication.26498540] Khairunisa, I.A. (2017). Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Melalui Penerapan Question Formulation Technique Pada Materi Virus dan Bakteri, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Muloch, B ^Michelle, H. (32011). Living Inquiry: Learning From and About Informational Texts in a Second Grade Classroom, March 2011). [Tersedia online] Mustingali, M.C., & Muranda, K.F. (2014). Student and Questioning a Review of The Role Played By Students Generated Question in Teaching and Learning Process. Studies in Social Science and Humanities, 1(3) 101-107 Neel, Mary-Anne. (2011). Engaging Students Through Effective Questions Education Canada 51.[Tersedia online: http://www.ceaace/education-canada/article/engaging -students-through- effective-question] Rustaman, N. dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung; Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Vianata, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesian Journal of History Education, 1(1), 1-5 Widodo, P. (2012). Meningkatkan Motivasi Siswa Bertanya Melalui Metode Snowball Throwing Dalam Pelajaran Pendidikan Keawarganegaraan. Jurnal Pendidikan Penabur, 13(8), 42-55id_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11357
dc.description.abstractTujuan peneltian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa melalui penerapan pembelajaran pengajuan masalah pada konsep virus dan bakteri di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung pada bulan April- Oktober 2018. Instrumen penelitian terdiri dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berisi wacana yang merangsang siswa untuk bertanya, rubrik klasifikasi pertanyaan siswa berdasarkan level pertanyaan inkuiri dari Costa dan rubrik klasifikasi pertanyaan berdasarkan pertanyaan terbuka dan terturup serta angket respon siswa terhadap pembelajaran pengajuan masalah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan bertanya siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, pertanyaan level 1 (mengingat & memahami) mendominasi pertanyaan siswa yaitu sebesar 55,01%, kemudian berturut-turut level 2 (menerapkan dan menganalisis) dan level 3 (menilai dan menunjukkan bukti) sebesar 36,08& dan 8,92%. Pada siklus dua pertanyaan level 1 menurun (29,25%), sedangkan pertanyaan level 2 (59,79%) dan 3 (10,97%) meningkat. Begitu juga untuk pertanyaan terbuka (membutuhkan banyak alternatif jawaban) meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 pertanyaan terbuka hanya 66,93% sedangkan pada siklus 2 menjadi 90,55%. Sedangkan pertanyaan tertutup (hanya memiliki satu jawaban) menurun dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 30,07% menjadi 9,46%. Respon siswa terhadap pembelajaran pengajuan masalah menunjukkan respon yang positif dari aspek ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, manfaat dan penilaian siswa terhadap pembelajaran pengajuan masalah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4id_ID
dc.titlePenerapan Pembelajaran Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa pada Konsep Virus dan Bakteri Kelas Xid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record